Pencarian populer

1.300 Personel Gabungan Dikerahkan Jaga Apel Kebangsaan di Semarang

Polisi berbaris saat gelar pasukan. Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Sebanyak 1.300 personel keamanan gabungan disiapkan untuk mengawal acara Apel Kebangsaan Kita Merah Putih yang akan digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima Semarang, Minggu (17/3) pagi.

Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha, mengatakan personel keamanan yang disiapkan tersebut berasal dari tim gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng, dan Pemkot Semarang.

"Sesuai kesepakatan bersama, tim keamanan berasal dari gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang. Dengan rincian, sebanyak 800 personel keamanan dari Polri, 300 personel dari TNI dan sisanya dari Satpol PP serta Dishub Pemprov dan Pemkot," kata Iga usai audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (14/3).

Iga menerangkan, seluruh tim pengamanan nantinya akan bertugas di sejumlah titik. Beberapa di antaranya bertugas mengamankan panggung utama dan tiga panggung pendukung, di lokasi parkir dan bergerak dinamis di lokasi acara.

"Di tenda utama dan VVIP kami juga siapkan tim khusus yang melakukan pengamanan secara tertutup dan terbuka. Di kantong-kantong parkir juga kami siapkan pasukan," ujarnya.

Tak hanya di lokasi acara, tim pengamanan juga dilakukan pengamanan khusus untuk memastikan para peserta Apel Kebangsaan selamat saat perjalanan baik menuju Semarang atau sebaliknya.

Ilustrasi polisi Foto: Aprilandika Hendra/kumparan

"Nantinya ada petugas pengawalan transportasi yang mengawal peserta dari setiap Kabupaten/Kota menuju Semarang atau sebaliknya, untuk memastikan para peserta berangkat dan pulang dengan aman," tegasnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kata Iga, jajaran Polrestabes Semarang sejak Senin lalu juga menggelar operasi kepolisian yang ditingkatkan.

"Tujuannya untuk memastikan pada pelaksanaan nanti aman terkendali tanpa adanya gangguan dari pihak manapun. Kami juga di Polrestabes Semarang memiliki Tim Elang yang sampai Minggu dini hari besok akan selalu melakukan operasi," kata Iga.

Selain persoalan keamanan, panitia pelaksana Apel Kebangsaan juga telah menyiapkan pasukan lain untuk menyukseskan acara tersebut.

Di antaranya pasukan kebersihan sebanyak 600 personel, pasukan pengarah massa serta dukungan pasukan dari Damkar dan PDAM.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pasukan keamanan untuk bertugas secara profesional. Dengan tujuan acara untuk mempersatukan seluruh elemen masyarakat, maka tidak boleh ada kejadian apapun yang dapat merusak tujuan acara.

"Saya harap semua datang dan pulang dengan aman. Kita tunjukkan bahwa Jawa Tengah damai dan masyarakatnya bersatu untuk merawat ke-Indonesia-an," tegasnya.

Acara itu akan dihadiri ratusan ribu peserta dari seluruh daerah. Digelar di beberapa lokasi, seperti di Lapangan Pancasila, di Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran dan Jl. Achmad Yani.

Sejumlah tokoh direncanakan hadir untuk mengisi orasi kebangsaan. Di antaranya Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, KH Maimoen Zubair, Mahfud MD, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, KH Ahmad Darodji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Surahart (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi).

Acara ini juga akan dimeriahkan sejumlah artis nasional yakni Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong. Selain itu juga ada paduan suara mahasiswa, paduan suara gereja, Tari Saman dari siswa SMA, selawat Kanzus Habib Ali Zaenal Abidin, dan ada juga Tarian Barongsai.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63