kumparan
11 Sep 2019 20:42 WIB

15 Quotes Habibie Mengenai Soeharto dan Prabowo

Presiden Bacharuddin Habibie tiba dengan senyum dan gelombang bagi para fotografer di Queen Elizabeth II Centre di London 03 April untuk dimulainya KTT para pemimpin ASEM 11 negara-negara UE dan negara-negara Asia untuk membahas perdagangan masa depan antara kedua benua dan kedua negara. Foto: AFP/GERRY PENNY
Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat setelah sepekan dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9). Bapak Teknologi Indonesia ini meninggal di usia 83 tahun.
ADVERTISEMENT
Habibie merupakan sosok yang dekat dengan Soeharto. Saking dekatnya, ia bahkan dipredikatkan sebagai 'Anak Emas' Soeharto dan disebut-sebut menjadi bagian dari Keluarga Cendana.
Dalam otobiografinya yang berjudul ‘Detik-detik yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi’ (2006), Habibie mengungkapkan pendapatnya tentang sosok Soeharto dan mantan menantunya, Prabowo Subianto.
Berikut merupakan isi pikiran Habibie terhadap ke dua tokoh tersebut.
Soal Soeharto:
Presiden ke-2 RI Soeharto. Foto: AFP
"Presiden Soeharto, manusia yang saya hormati, cintai, dan kagumi yang ternyata menganggap saya seperti tidak ada"
"Bukankah dengan lengsernya Presiden Soeharto pada 21 Mei, pintu kebebasan bangsa dan masyarakat Indonesia telah dibuka?"
"Presiden Soeharto dengan kepemimpinan otoriter, dalam 53 tahun telah meningkatkan kesadaran nasional dan kualitas hidup manusia Indonesia yang terus berkembang"
ADVERTISEMENT
"Dengan lengsernya Presiden Soeharto, berakhirlah era kepemimpinan otoriter, maka proses pemberian kebebasan di atas kemerdekaan harus dimanfaatkan, diterapkan, dan dikembangkan sebaik-baiknya"
"Syukur alhamdulilah, dalam 53 tahun di bawah pimpinan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto, kita tahap demi tahap telah meningkatkan kualitas sumber daya manusia"
"Saya tak pernah mendapatkan instruksi atau imbauan dari Pak Harto yang melanggar UU atau berbau KKN"
"Presiden Soeharto selalu menggarisbawahi bahwa kepentingan rakyat harus diutamakan di atas kepentingan pribadi, keluarga, kawan, atau golongan"
"Saya mengenal Pak Harto sebagai seorang perwira 28 tahun yang gagah, rendah hati, bahkan pemalu"
"Presiden Soeharto berperan penting dalam pembangunan kebangsaan di Indonesia"
"Tuhan, berilah Pak Harto kekuatan dan petunjuk mengambil jalan yang benar dalam memimpin bangsa sesuai kehendak-Mu"
ADVERTISEMENT
"Ampunilah segala dosa Pak Harto yang sengaja maupun tak disengaja"
Soal Prabowo:
Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menggelar konferensi pers usai keputusan Mahkamah Konstitusi di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis (27/6). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
“Prabowo lahir dan dibesarkan di lingkungan yang sangat intelektual dan rasional. Disiplin intelektual memungkinkan untuk menganalisis, mempertanyakan, memperdebatkan tiap jejak seorang diri atau dengan lingkungannya, termasuk dengan atasannya,”
“Prabowo Subianto adalah putera tertua dari keluarga yang sangat terhormat, sangat intelektual, dan sangat kritis”
“Dedikasi Prabowo, begitu pula orang tua dan saudara-saudaranya terhadap bangsa dan negara, tidak perlu diragukan lagi"
“Saya percaya bahwa itikad dan niat Prabowo untuk melindungi saya adalah tulus, jujur, dan tepat”
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan