Pencarian populer

8 Anggota KPPS di Jatim Meninggal Dunia saat Bertugas

Petugas KPPS sedang memperlihatkan surat suara saat melakukakn penghitungan. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

KPU Jawa Timur mencatat ada 8 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia dan 19 anggota lainnya sakit karena kecelakaan maupun kelelahan saat menjalankan tugasnya mengawal Pemilu 2019.

Mereka bertugas di sejumlah wilayah di Jatim, seperti Jombang, Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kota Malang, Sumenep, Lumajang, dan Probolinggo.

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam, mengungkapkan kasus meninggal dan sakitnya anggota KPPS ini perlu menjadi perhatian penting. Sebab, waktu kerja mereka terbilang panjang, bahkan beberapa lebih dari 24 jam.

"(Dari kejadian tersebut) berharap agar pemilu serentak bukan dilaksanakan dalam sehari, melainkan bisa dibagi dalam beberapa periode dalam setahun," kata Choirul kepada kumparan, Jumat (19/4).

Choirul berharap kasus ini bisa menjadi evaluasi penting bagi KPU, baik di pusat hingga kota dan kabupaten/kota, dalam penyelenggaraan pemilu yang akan datang.

Petugas KPPS melayani warga yang akan memberikan hak suaranya di TPS 5 Pondok Benowo Indah yang bertema super hero di Surabaya. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Berikut data jumlah anggota KPPS yang meninggal dan sakit berdasarkan data KPU Jawa Timur:

- Kabupaten Jombang

1. Tenaga pendukung KPU Jombang atas nama Iqbal. Meninggal dunia karena kecelakaan setelah pulang dari gudang logistik jam 03.00 dini hari pada 8 April 2019.

2. Ketua TPS 01 Kelurahan Kaliwungu Kecamatan Jombang bernama Sulis Setya. Dilarikan ke UGD RSUD Jombang pukul 23.00 WIB karena kelelahan saat menjalankan tugas. Hingga kini masih dirawat dan tugasnya dilanjutkan oleh 6 KPPS lainnya.

- Kabupaten Blitar

3. Ketua KPPS Kendalrejo atas nama Joko Priyo Seputro. Meninggal dunia pada 15 April 2019 pukul 02.00 WIB.

- Kota Mojokerto

4. Anggota linmas di TPS 03 Kelurahan Surodinawan atas nama Ismani. Meninggal dunia pada 16 April 2019 saat mengantarkan kotak suara ke kelurahan dengan menggunakan mobil pikap. Saat naik mobil kondisi korban baik-baik saja, namun ia memang memiliki riwayat penyakit jantung. Ketika tiba di kelurahan kondisinya sudah meninggal.

- Kota Malang

5. Anggota KPPS TPS 04 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru bernama Agus. Meninggal dunia setelah mengantarkan logistik ke kelurahan pada 18 April 2019.

- Kabupaten Sumenep

6. Anggota PPS Desa Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, atas nama Asnawi. Meninggal pada 13 April 2019 pukul 21.40 karena penyakit stroke.

- Kota Blitar

7. Ketua KPPS TPS 005 Kelurahan Turi, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, sakit saat bertugas di TPS.

- Kota Kediri

8. Ketua KPPS TPS 03 Kelurahan Bawang atas nama Hari Mugatut yang jatuh sakit saat menjalankan tugas. Saat ini, masih dalam perawatan di RS Bhayangkara.

9. Anggota linmas jatuh dari mobil saat pengiriman kotak suara dari KPPS ke PPS. Saat ini masih dalam perawatan di RS Gambiran Kota Kediri.

- Kabupaten Kediri

10. Ketua KPPS Desa Bendo TPS 02 sakit. Posisinya lalu diganti oleh seorang anggota KPPS TPS 04.

- Kabupaten Lumajang

11. Anggota KPPS TPS 018 Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan patah tulang. Kecelakaan terjadi pada 16 April 2019

12. Ketua KPPS 21 Desa Sumbermujur mengalami kecelakaan dan mengakibatkan luka ringan pada 16 April.

13. Petugas ketertiban TPS 024 Desa Pulo, Kecamatan Tempeh, meninggal dunia saat bertugas pada 17 April

- Kabupaten Gresik

14. Ketua KPPS TPS 22 Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik jatuh sakit saat mempersiapkan penyelenggaraan pemilu.

- Kota Mojokerto

15. Anggota Linmas TPS 03 Kelurahan Surodinawan meninggal dunia saat pengiriman kotak suara hasil pemungutan dan penghitungan dari TPS menuju PPS Surodinawan.

- Kabupaten Magetan

16. Ketua KPPS TPS 01 Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Karangrejo, sakit saat pemungutan lalu dilarikan ke puskesmas.

- Kabupeten Probolinggo

17. Petugas TPS 01 Menyono Kuripan Probolinggo bernama Ajis. Meninggal dunia pada Kamis, 18 April, setelah sempat mengalami kritis dan dirawat di Ruang ICU RS Dharma Husada. Tugasnya dilanjukan oleh 6 KPPS.

18. Petugas TPS 08 Kuripan bernama Siti Aisyah sempat jatuh sakit dan dirawat di Puskesmas Wonomerto. Tugasnya lalu dilanjutkan oleh 6 KPPS.

- Kabupaten Pacitan

19. Anggota KPPS TPS 02 Desa Sambong, Kecamatan Pacitan, sakit vertigo saat hari pemungutan suara.

- Kabupaten Trenggalek

20. Ketua KPPS TPS 09 Desa Margomulyo, Kecamatan Watulimo mengalami sakit tipes.

- Kabupaten Tuban

21. Ketua KPPS TPS 05 Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, sekitar pukul 15.00 WIB saat penghitungan tiba-tiba jatuh sakit dan dirujuk di RSU.

- Kabupaten Malang

22. Ketua KPPS TPS 012 Ngijo Karangploso mengalami kecelakaan pada saat mendirikan TPS. Ia mengalami patah tulang leher dan masih dirawat di RS Ngijo.

- Kabupaten Ngawi

23. Ketua KPPS di TPS Jatimulto, Kecamatan Mantingan jatuh sakit mendadak dan tak bisa melanjutkan tugasnya pada 16 April.

24. Ketua KPPS Desa Tawun TPS 006 Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, jatuh sakit dan dirawat di RSU setempat.

- Kabupaten Ponorogo

25. Anggota KPPS TPS 05 Desa Carat, Kecamatan Kauman sakit lalu selanjutnya dilakukan penggantian.

26. Ketua KPPS di TPS 10 Desa Pohijo Kecamatan Sampung sakit.

27. Anggota KPPS TPS 09 Desa Sendang, Kecamatan Jambon sakit.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33