Pencarian populer

8 Fakta Emil Dardak: Doktor di Usia 22 Tahun hingga Jago Main Gitar

Cawagub Jatim, Emil Dardak (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Emil Elistianto Dardak atau yang sering dikenal dengan Emil Dardak merupakan Bupati Kabupaten Trenggalek nonaktif kelahiran Jakarta pada 20 Mei 1984. Ia merupakan anak dari Hermanto Dardak (ayah) yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014 dan Sri Widayati (Ibu) yang berkecimpung dalam bidang infrastruktur dan juga bekerja sebagai sebagai dosen.
ADVERTISEMENT
Emil memutuskan maju mendampingi Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim). Setelah Khofifah, kumparan (kumparan.com) juga berkesempatan mewawancarai Emil. Berkunjung ke kantor kumparan pada Rabu (8/2), Emil bercerita soal karier politik hingga perannya sebagai suami dari Arumi Bachsin dan ayah dari dua anak.
Kami merangkum sejumlah fakta menarik soal Emil. Berikut hal-hal menarik tentang Emil yang belum banyak diketahui publik.
1. Meraih gelar doktor di usia 22 tahun
Emil Dardak (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Tahun 2001 saat berusia 17 tahun, Emil berhasil memperoleh gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology. Ia kemudian melanjutkan S1 di Universitas New South Wales, Australia (2002-2003) dan melanjutkan pendidikan magister dan doktornya di Ritsumeikan Asia Pasific University Jepang (2004-2006).
ADVERTISEMENT
Di usianya yang ke 22 tahun, Emil sudah menyelesaikan studi S3nya. Tidak heran, ia memperoleh gelar doktor termuda dari Ritsumeikan Asia Pacific University.
2. Pernah berkarier sebagai musisi
Emil Dardak (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Sebelum terjun ke dunia politik, Emil merupakan seorang musisi dan eksekutif muda. Bahkan ia sempat mengeluarkan album yang bertajuk “Sesaat Kau Hadir”. Dalam album tersebut, ada 8 lagu karangan Emil sendiri. Salah satu singlenya berjudul “Pertama.'
3. Pengagum Jazz, mahir main keyboard dan gitar
Cawagub Jatim, Emil Dardak (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Sejak kecil Emil sudah mahir bermain alat musik. Saat umur 7 tahun, ia sudah bisa bermain keyboard berkat belajar secara otodidak dari pamannya. Pergi sekolah SMA di Singapura, Emil pernah menjadi gitaris dan sempat tampil dalam beberapa konser musik. Bahkan Emil pernah berkolaborasi dengan salah satu finalis AFI, Bojes.
ADVERTISEMENT
Emil mengaku penyuka musik Jazz. Ketika melanjutkan studi pasca sarjananya di Jepang, Emil terus mengasah kemampuan bermusiknya dengan tampil di berbagai acara musik dan cafe jazz di Kota Beppu.
4. Menjadi Bupati Trenggalek di usia 32 tahun
Bupati Trenggalek, Emil Dardak di Haul Gus Dur (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Tahun 2015, Emil Dardak maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Trenggalek, Jawa Timur. Dalam Pilkada tersebut, Emil diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar, Hanura serta PPP.
Emil yang berpasangan dengan Mohammad Nur Arifin menang telak atas pasangan Kholiq-Priyo. Ia menjabat sebagai Bupati Trenggalek sejak 17 Februari 2016. Saat itu, Emil berusia 32 tahun.
6. Suami artis cantik Arumi Bachsin
Arumi Bachsin dan suaminya, Emil Dardak (Foto: Instagram @arumi_arumi_94)
Siapa yang tidak kenal dengan artis cantik Arumi Bachsin? Usai kisah cintanya dengan Miller Khan kandas, Arumi lantas menjalin asmara dengan Emil Dardak. Tidak lama, keduanya kemudian memutuskan menikah.
ADVERTISEMENT
Saat itu, usia Arumi masih terbilang cukup muda yakni 19 tahun. Kini pernikahan Emil dan Arumi telah dikaruniai dua orang anak perempuan dan laki-laki.
7. Bukan tipe cowok romantis
Emil Dardak dan Arumi Bachsin (Foto: Instagram/@emildardak)
Ternyata Emil Dardak bukan tipe cowok yang romantis. Pengakuan ini muncul dari istrinya, Arumi. Khofifah Indar Parawansa ternyata juga menyebut Emil tidak romantis. Dalam wawancara dengan kumparan, Emil mengakui bahwa ia bukan tipe cowok yang romantis.
"Enggak ada maksud ya (cuek). Tapi bawaannya begini. Ya mudah-mudahan bisa dilihat pada atensi dari bentuk lain ya.," ujar Emil sambil tertawa.
Khofifah pun menyebut pendampingnya itu sebagai cowok yang cuek. "Aku bilang kurang romantis Mas Emil. Mba Arumi kalau mau bermanja di depan orang, ya bermanja saja. Malah saya lihat Mas Emil yang cuek bebek" ujar Khofifah sambil tertawa.
ADVERTISEMENT
8. Pernah ngulek sambel demi Arumi
Emil Dardak blusukan di Pasar Lawang. (Foto: Phaksy Sukowati/kumparan)
Meski bukan tipe cowok yang romantis, ternyata Emil adalah pria yang praktis. Ia tak suka bersilat lidah tapi suka langsung membantu sang istri. Emil bercerita pernah membantu sang istri mengurus rumah tangga karena Asisten Rumah Tangga (ART) tengah sibuk mengurus dua buah hati Emil dan Arumi.
"Waktu itu enggak sengaja, sekali doang. Waktu itu kebetulan ART kita lagi jagain anak, Arumi lagi ini (sibuk) dan saya itu kadang-kadang iseng pengin bisa sendiri," tuturnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81