Pencarian populer

8 Napi Lapas Sukamiskin yang Terciduk Pelesiran

Mantan Ketua DPR Setya Novanto (kanan) mengikuti sidang di gedung Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (18/9). Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Lapas Sukamiskin di Bandung, Jawa Barat, kembali jadi sorotan. Penyebabnya kali ini tak lain mantan Ketua DPR Setya Novanto terciduk tengah berada di sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6). Politikus yang tersandung kasus korupsi e-KTP itu keluar dari lapas berbekal izin untuk berobat sejak Rabu (12/6).
ADVERTISEMENT
Terciduknya Setnov--sapaan akrabnya-- bukanlah untuk kali pertama. Sebelumnya, ia juga kedapatan berada di restoran Padang RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat pada tanggal 29 April 2019.
Setnov bukanlah orang pertama yang kedapatan jalan-jalan saat tengah menjalani masa tahanan. Sejumlah nama politikus, Gayus Tambunan hingga Nazaruddin pernah mempraktikkan hal serupa.
Berikut 8 napi koruptor yang pernah kedapatan pelesir dari Sukamiskin:
  1. Mochtar Mohamad
Mochtar Mohammad Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari
Mantan Wali Kota Bekasi ini ditangkap pada Maret 2012 atas sejumlah perkara korupsi. Antara lain perkara suap anggota DPRD Bekasi sebesar Rp 1,6 miliar, serta menyalahgunakan anggaran makan-minum Rp 639 juta untuk memuluskan pengesahan APBD Kota Bekasi tahun 2010.
Saat menjalani masa tahanan, Ia kedapatan makan malam bersama koleganya pada Oktober 2014 di salah satu restoran di Jakarta Selatan. Kala itu, ia beralasan mengantongi izin keluar penjara untuk ikut program asimilasi.
ADVERTISEMENT
  1. Gayus Tambunan
Gayus Tambunan Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Eks pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu yang jadi terpidana kasus penggelapan pajak ini kerap kali terciduk berada di luar lapas Sukamiskin. ia pernah terciduk berada di sebuah restoran di Jakarta pada Mei 2015, hingga dikabarkan jalan-jalan pada akhir 2016.
Senasib dengan Setnov, Gayus juga dipindahkan ke lapas Gunung Sindur Kabupaten Bogor.
  1. Muhammad Nazaruddin
Muhammad Nazaruddin Foto: ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat yang menghuni Lapas Sukamiskin sejak Mei 2013 ini, dikabarkan sering keluar penjara untuk memimpin rapat pada Juli 2015. Isu tersebut dilaporkan oleh mentan anak buahnya sendiri, Yulianis. Kalapas Sukamiskin yang menjabat kala itu, Edi Kurniadi, membantahnya.
Anggota DPR periode 2009-2014 dari dapil Jatim ini, jadi tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet Hambalang untuk SEA Games ke-26. Nazaruddin terbukti menerima suap sebesar Rp 4,6 miliar berupa lima lembar cek.
ADVERTISEMENT
  1. Rachmat Yasin
Eks Bupati Bogor Rachmat Yasin saat diluar pintu masuk Lapas Sukamiskin. Foto: kumparan
Mantan Wali Kota Bogor yang ditangkap KPK pada Mei 2014 ini pernah pelesiran dengan menginap di kawasan Panorama Alam Parahyangan, Bandung, Desember 2016.
Rachmat divonis kurungan penjara selama 5 tahun 6 bulan dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan penjara oleh Majelis Hakim Tipikor Bandung, pada November 2014. Ia terbukti terima suap Rp 4,5 miliar terkait tukar menukar lahan.
  1. Izedrik Emir Moeis
Emir Moeis Foto: Antara
Politisi PDIP ini ditahan atas kasus dugaan suap lelang proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Tarahan, Lampung. Sewaktu jadi tahanan Sukamiskin, ia diduga keluar lapas untuk pulang ke rumahnya di Kalibata, Jakarta Selatan, Oktober 2014.
  1. Anggoro Widjojo
Anggoro Widjojo Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pendiri PT Masaro Radiokom ini terhitung sering keluar-masuk penjara Sukamiskin sepanjang Desember 2016. Ia diduga menyalahgunakan izin berobat yang diberikan pihak lapas. Salah satu yang ketahuan, Anggoro pernah pelesir ke Apartemen Gateway, Bandung pada bulan itu.
ADVERTISEMENT
Anggoro merupakan terpidana kasus korupsi Sistem Komunikasi radio Terpadu (SKRT) Kementerian Kehutanan Tahun 2009. Ia akhirnya juga dipindah dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur.
  1. Romi Herton
Romi Herton, mantan wali kota Palembang Foto: Antara Foto/Wahyu Putro A
Mantan Wali Kota Palembang ini juga pernah ketahuan berada di luar penjara tanpa pengawalan saat masih dalam masa tahanan. Dari Lapas Sukamiskin, Romi diketahui keluar dari Lapas Sukamiskin 2 kali: November dan Desember 2016. Ia pergi ke sebuah rumah di Jalan Kuningan Raya, Kelurahan Antapani Tengah, sekitar 4,5 kilometer dari Sukamiskin--diduga rumah istri mudanya bernama Lisa Zako.
Kasus pelesiran Romi terungkap pada Februari 2017, dia lalu dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor. Masih berstatus tahanan, Romi meninggal dunia di Rumah Sakit Hermina, Serpong, pada 28 September 2017.
ADVERTISEMENT
  1. Setya Novanto
Warga binaan kasus korupsi Setya Novanto (tengah) mendengarkan ceramah saat melasanakan shalat idulfitri 1440 Hijriah di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/6). Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Mantan Ketua DPR ini menjadi tahanan yang terbaru terciduk pelesiran dari Lapas Sukamiskin. Setnov kedapatan tengah berada di sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6). Politikus yang tersandung kasus korupsi e-KTP itu keluar dari lapas berbekal izin untuk berobat sejak Rabu (12/6).
Sebelumnya, ia juga pernah kedapatan berada di restoran Padang RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat pada tanggal 29 April 2019. Akibat ulahnya, Setnov juga dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80