Pencarian populer

Ada Jerinx SID di Balik Popularitas Nurhadi-Aldo 'Dildo' di Twitter

Ilustrasi pasangan Nurhadi-Aldo (Dildo) bersama Jerinx SID. (Foto: Sabryna Putri Muviola /kumparan)

Dua pekan ini wajah Nurhadi dan Aldo (Dildo) malang melintang di media sosial. Keduanya merupakan pasangan capres-cawapres fiktif dari Partai Kebutuhan Iman (PUKI). Dengan slogan #TronjalTronjolMahaAsyik.

Meski demikian, 'Dildo' hanyalah karakter yang menjadi candaan di media sosial. Melalui kutipan yang memikat serta kekinian, sosok Dildo pun mendapat banyak respons positif. Sosoknya lantas digandrungi oleh penggemarnya.

Di media sosial Twitter, percakapan mengenai sosok Dildo itu dapat diikuti melalui tagar #2019nurhadialdo. Melalui tagar itu pula, kehadiran Dildo dapat dipahami sebagai penyejuk di tengah suhu politik tanah air yang kian memanas, serta menjadi alternatif di tengah perseteruan cebong dan kampret yang tiada berakhir.

Adanya tagar baru yang menyedot perhatian warganet ini jelas menarik untuk ditelusuri. Untuk itu, kumparan berupaya melihat performa tagar tersebut melalui tools bernama Astra Maya (Drone Emprit).

Tools tersebut kali ini digunakan untuk melihat bagaimana tagar tersebut mampu menjadi viral seperti saat ini. Adapun Astra Maya merupakan sebuah sistem untuk memonitor dan menganalisa media online dan media sosial. Astra Maya bertumpu pada teknologi big data dan berbasiskan teknologi Artificial Intelligent dan Natural Language Processing (NLP).

Berdasarkan data yang disuguhkan Astra Maya, tagar tersebut kali pertama muncul di Twitter sejak 26 Desember 2018. Adalah akun @AchmadKoha yang mempopulerkan cuitan dengan tagar itu pada pukul 22.09 WIB.

Cuitan @AchmadKoha sendiri merupakan respons atas cuitan yang diunggah akun resmi @Nurhadi_aldo. Selang beberapa menit sebelumnya, @Nurhadi_aldo mengunggah foto surat suara Pilpres 2019 yang berisi wajah paslon Jokowi-Ma’ruf, Prabowo-Sandi, serta dirinya sendiri, Nurhadi-Aldo.

Sejak pertama kali mengemuka pada 26 Desember 2018, percakapan mengenai sosok Dildo berjumlah dua cuitan. Namun, angka itu terus merangkak naik hingga kenaikan tertingi terjadi pada 2 Januari 2019. Kala itu, jumlah percakapan yang terjadi berjumlah 2.559 cuitan. Angka ini naik berkali-kali lipat dari yang sebelumnya berjumlah 202 cuitan di 1 Januari 2019.

Tingginya jumlah percakapan di hari itu terjadi lantaran Drummer Superman is Dead (SID), Jerinx, turut mempopulerkan sosok Dildo. Pada pukul 09.07 WIB, Jerinx mengunggah ulang poster yang menunjukkan dukungannya terhadap dua pria paruh baya tersebut.

“Dari semua pasangan calon, hanya pasangan Dildo ini yang tahu saya personal band apa,” kata Jerinx.

Poster itu sendiri unik lantaran akun @Nurhadi_aldo menuliskan soosk Jerinx sebagai drummer Ungu. Padahal seperti yang diketahui, Ungu adalah band yang genrenya pop, bukan punk rock seperti SID.

Cuitan dari Jerinx itu pun direspons dengan baik oleh followers-nya yang berjumlah 359 ribu orang. Dari followers sebanyak itu, cuitan tersebut memiliki retweets 1.065 kali, serta mendapatkan likes sebanyak 812 kali.

Di mata pasangan Dildo, sosok Jerinx sendiri memang tengah dilirik untuk masuk ke kabinet tranjal-tronjol. Dalam sebuah kolom komentar di Instagram, Dildo menyebut Jerinx pantas untuk mengisi posisi Menteri Baku Hantam.

Sementara itu, tingginya percakapan mengenai Dildo kembali terjadi pada 5 Januari 2019. Kali ini, 10.204 percakapan mengenai Dildo mengemuka. Naik 10 kali lipat dibandingkan dengan sebelumnya.

Meningkatnya jumlah percakapan terjadi lantaran di tanggal itu, beberapa media mengangkat sosok Dildo sebagai konten pemberitaan. Termasuk kumparan yang berhasil mewawancarai Nurhadi di kediamannya di Dukuh Jetis, Desa Golantepus, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah.

Dari wawancara itu pula, terungkap bahwa Nurhadi rupanya merupakan seorang tukang urut. Pria berkumis tebal itu pun mengaku tak tahu menahu soal isi kutipan yang mewarnai poster wajahnya tersebut. Satu-satunya yang dia tahu adalah, seseorang bernama Edwin memintanya untuk dijadikan model untuk proyek lucu-lucuan semata, dan Nurhadi mengiyakan permintaan tersebut.

Dari segi engagements (keterlibatan), popularitas Dildo tidaklah terjadi secara instan dalam hitungan menit. Butuh sekitar dua pekan bagi pasangan Dildo untuk memiliki 51,8 ribu followers di Twitter. Sejak mengudara pada 26 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019, ada 27,435 percakapan mengenai Dildo.

Percakapan sebanyak itu merupakan buah dari unggahan akun resmi @Nurhadi_aldo yang memiliki daya jangkau yang baik. Semua unggahannya laris manis ditanggapi warganet.

Selain akun resmi, Jerinx juga turut andil dalam maramaikan percakapan mengenai Dildo. Melalui cuitan Jerinx, sebanyak 833 percakapan mengenai Dildo tumbuh di Twitter. Disusul kemudian dengan akun @MuahmmadiyahGL yang juga getol menyebut pasangan Dildo di Twitternya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38