Pencarian populer

Akhir Nasib Ular King Cobra yang Gigit Rizky Ahmad

Ular King Cobra yang menggigit Rizky belum dievakuasi (Foto: kumparan)

Rizky Ahmad (19) digigit ular king cobra peliharaannya pada Minggu (8/7), saat beratraksi di Car Free Day di Kota Palangka Raya. Rizky dinyatakan meninggal oleh RSUD Doris Slyvanus pada Senin (9/7).

Meski sudah dinyatakan meninggal secara medis, tapi pihak keluarga meyakini bahwa Rizky hanya mengalami mati suri dan mengadakan ritual adat untuk memulihkan Rizky kembali.

Setelah empat hari diyakini mati suri dan menjalani ritual adat, akhirnya Rizky Ahmad (19) dipercaya telah benar-benar meninggal dan dikuburkan oleh pihak keluarga, pada Kamis (12/7).

Ayah kandung Rizky, Ahmad Fauzi mengatakan, Rizky meninggal sekitar pukul 03.00 Wita Kamis dini hari.

Rizky Ahmad, remaja yang dipatok ular king cobra (Foto: Facebook/Yuni Rusmini)

Rizky kemudian dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU), tidak jauh dari kediaman keluarganya di Jalan Danau Rangas, Bukit Tunggal, Jekan Raya, Palangka Raya.

Fauzi menambahkan, sebelum meninggal, Rizky sempat berpesan agar agar ular tersebut dilepaskan ditempat dia ditemukan. Selain itu, Rizky juga meminta ular king cobra peliharaannya tersebut tidak disakiti atau dibunuh.

“Saya ikhlas dunia akhirat, dan permintaan pada waktu itu (ular) dilepaslah, jangan sampai dimatikan, jangan sampai disakiti, kaya gitu,” ujar Fauzi di rumah duka, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (12/7).

Lelaki berusia 58 tahun itu menerangkan, ular king cobra milik Rizky dilepaskan pada Rabu (11/7) pukul 23.00 Wita. Sebelumnya keluarga memilih untuk mempertahankan ular tersebut karena diyakini membantu proses ritual adat yang dijalani keluarga Rizky. Mereka berharap ular tersebut menyedot kembali racun yang telah dikeluarkan ke tubuh Rizky.

Menurut penuturan keluarga, ular king cobra itu ditemukan di sungai tidak jauh dari tempat tinggal Rizky. Ayah tiri Rizky, Suwardi, menuturkan ular itu ditemukan oleh warga di sekitar Jalan Danau Rangas di dekat rumahnya. Saat itu ada warga yang meminta agar ular tersebut ditangkap.

Rizky Ahmad, korban gigitan King Cobra saat diperiksa (Foto: kumparan)

"Pada waktu itu warga minta tolong ada satu king cobra, warga minta tolong evakuasi. Kebetulan anak saya memang mencari king cobra," tutur Suwardi.

Sepengetahuan Suwardi, Rizky sejak kecil memang hobi memelihara ular. Bahkan, karena hobi ekstremnya itu, Rizky sudah seringkali digigit oleh hewan reptil tersebut.

“Ya saya sebagai orang tua kan enggak mungkin melarang karena hobinya dari kecil dan kalau untuk ular jenis lain sudah seringkali menggigit. Cuma baru kali ini (digigit king cobra), ya namanya mungkin ini adalah ujian buat dia," jelas Suwardi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22