Pencarian populer
Aksi Keluarga Jokowi dan Tingkah Jan Ethes di Kebun Raya Bogor
9 Desember 2018 7:11 WIB
0
0
Presiden Jokowi dan Keluarga Memberi Makan Ikan di Istana Bogor, Jawa Barat. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Di sela-sela kesibukannya sebagai kepala negara, Presiden Jokowi menyempatkan waktu liburnya untuk menikmati udara segar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12). Terlihat Ibu Negara Iriana Jokowi, putra sulung Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, Jan Ethes, Kahiyan Ayu, Bobby Nasution, dan Sedah Mirah turut bersama Jokowi.
Dari pantauan kumparan keluarga Jokowi keluar dari kediaman di Bayurini, Istana Bogor, sekitar pukul 09.00 WIB. Jokowi dan keluarga kompak menggunakan pakaian olahraga. Jokowi pun mengajak cucunya Jan Ethes menuju ke kolam ikan untuk memberi makan ikan.
Sementara itu Iriana asik menggendong Sedah Mirah--putri Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Setelah memberi makan ikan, Jokowi dan keluarga juga memberi makan rusa yang ada di istana dengan wortel.
Ketika sedang memberi makan kumpulan rusa, seorang wartawan bertanya kepada Jan Ethes soal lagu apa yang bisa ia nyanyikan. Mendengar pertanyaan tersebut Jan Ethes hanya tersenyum. Menurut ayahnya--Gibran--Jan Ethes bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Presiden Joko Widodo dan Keluarga Santai di Green Garden, Kebun Raya Bogor. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Saat diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Jan Ethes hanya diam. Jokowi pun secara spontan menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku.”
Mendengar kakeknya bernyanyi, Jan Ethes langsung meletakan tangan kanannya sebeah pelipis mata kanan sebagai simbol tanda sedang hormat. Sontak perilaku Jan Ethes tersebut membuat suasana semakin ceria.
Jokowi lalu menaiki mobil golf menuju ke Taman Teratai. Mobil golf sempat berhenti di depan Gedung Induk Istana Bogor. Saat di Taman Teratai, masyarakat yang sudah menunggu kedatangan Jokowi dan keluarga terlihat antusias.
Nyatanya tingkah lucu Jan Ethes tidak hanya berhenti sampai saat sedang melakukan hormat. Ketika Jokowi sedang melayani pertanyaan dari awak media, Jan Ethes turut menganggu Jokowi dengan mengulangi setiap kata yang dikeluarkan oleh kakeknya tersebut.
“Alhamdulillah saya selalu bersyukur. (Jan Ethes: Selalu bersyukur) Ha... Ha.. Ethes mau ditanya ya. Ya, saya selalu bersyukur anak-anak yang menurut saya bersyukur mereka sudah bisa mandiri sendiri-sendiri," kata Jokowi saat ditanya seberapa besar peran keluarga dalam hidupnya.
Melihat kejadian tersebut, Jokowi lantas meminta awak media untuk mewawancarai Jan Ethes secara langsung. Awak media pun mewawancarainya dengan bertanya siapa namanya dan berapa umurnya.
“(Namanya) Ethes, umurnya dua,” kata Jan Ethes.
Selanjutnya ia juga diminta untuk menyebutkan nama masing-masing anggota keluarga yang hadir pada saat itu. “Ini Mbah Jokowi, Ini Uti Ana, itu Mbak Ayang, itu Om Bobby. Ini adik Sedah. Itu Ibu (Selvi), itu Bapak (Gibran),” ujar Jan Ethes.
Pada kesempatan itu, kepada wartawan, Jokowi mengungkapkan bahwa putra sulungnya Gibran Rakabuming belum mempunyai feeling terhadap dunia politik, hal itu berbeda dengan menantunya Bobby Nasution yang sudah mulai isa diajak berbicara soal politik.
Keluarga Presiden Joko Widodo Santai di Green Garden, Kebun Raya Bogor. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
"Kalau saya lihat ya, saya sebagai bapaknya anak-anak. Kan sering ngomong-ngomong, dan ngobrol. Gibran ini belum. Feeling politiknya kok belum. Masih senang 100 persen di dunia usaha," kata Jokowi di Grand Garden Restaurant, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12).
"Kaesang apalagi. Senang-senangnya buka sini, buka sini. Yang saya lihat feeling politik sudah mulai masuk itu Bobby. Dikit-dikit sudah. Lebih ada keinginan, bicara politik juga sudah ada. Yang lain belum," lanjut mantan Wali Kota Solo tersebut.
Saat ditanya, Bobby berujar bahwa saat ini ia belum terlalu ingin terjun ke dunia politik. Ia lebih memilih fous merintis usahanya dulu. Seperti diketahui Bobby merupakan pengusaha kopi yang ia beri nama Kopi Jolo.
Sementara Gibran secara terbuka mengatakan bahwa ia belum tertarik terjun ke dunia politik. Akan tetapi ia tidak memungkiri bahwa bisa membantu banyak orang jika ia terjun ke dunia politik. Hal itu yang tidak bisa ia lakukan ketika menjadi pengusaha.
"Jadi kalau pengin menyentuh banyak orang ya harus terjun ke dunia politik. Itu saja. Kebijakan yang pro rakyat sehingga bisa menyentuh banyak orang. Karena pengusaha yang sukses itu harus ada yang namanya pengembalian ke masyarakat," kata Gibran.
Namun di tengah kegiatan itu tidak tampak putra bungsu Jokowi Kaesang Pangarep. Menurut Jokowi putranya tersebut sedang berada di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengurus urusan kerjaan.
"Kurang satu. Satu Ke Makassar subuh tadi. Ditahan enggak bisa, sibuk. Iya kerjaan," ungkap Jokowi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: