kumparan
15 Jul 2019 15:41 WIB

Amien Rais: Beri Kesempatan ke Jokowi-Ma'ruf, Kita Awasi 5 Tahun

Amien Rais hadiri acara pernyataan sikap dugaan kecurangan IT KPU dalam Pemilu 2019 di Seknas Prabowo-Sandi, Jakarta, Sabtu (4/5). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menanggapi pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan presiden terpilih Joko Widodo. Amien mengapresiasi segala upaya untuk mempersatukan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Amien juga meminta publik untuk memberikan kesempatan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin untuk memerintah.
"Jadi saya menyampaikan, sebaiknya teruskan merajut merah putih, teruskan bangsa ini bersatu. Tapi soal kekuasaan, berikan fair chance, kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin," ujar Amien di DPP PAN, Senopati, Jakarta Selatan, Senin (15/7).
Namun, Amien mengingatkan bahwa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf harus tetap diawasi.
"Nanti lima tahun kita awasi, kita check and balance. Itulah warna indahnya demokrasi," tutur Amien.
Lebih lanjut, Amien mendukung semua tokoh untuk bersatu pascapilpres. Tapi, lagi-lagi, ia menekankan pentingnya adanya oposisi untuk melakukan pengawasan terhadap pemerintahan.
Lagipula, kata Amien, persatuan dan kesatuan tak serta merta diartikan dengan oposisi harus bergabung dengan pemerintahan.
ADVERTISEMENT
"Nanti kalau ada sesuatu yang kurang bagus, enggak ada oposisi, sehingga demokrasi lama-lama akan berubah menjadi otokrasi," tutur dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan