kumparan
8 Apr 2018 18:05 WIB

Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham Perusahaan Bir Delta

Bir. (Foto: Pixabay)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Pemprov DKI akan melepas saham di produsen perusahaan bir PT Delta Djakarta Tbk. Saat ini, mereka tengah menyiapkan proses pelepasan saham tersebut.
ADVERTISEMENT
"Pasti dilepas. Pasti," kata Anies di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (8/4).
Anies mengaku telah membicarakan pelepasan saham PT Delta Djakarta Tbk ini dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Pemprov DKI nantinya akan memberlalukan mekanisme pasar untuk melepas sahamnya. Hanya saja belum dipastikan apakah saham tersebut dijual ke pihak lain atau dihibahkan.
Anies di acara Latansa PKS DKI Jakarta. (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)
Anies belum memutuskan uang hasil penjualanan saham perusahaan bir ini akan dialokasikan untuk apa. Padahal, menurut Sandi sebelumnya, keuntungan yang didapatkan oleh Pemprov DKI dari perusahaan tersebut cukup tinggi.
"Nanti dulu, laku dulu baru bicara uangnya," imbuhnya.
Pemprov DKI memiliki saham sekitar 26,25 persen dari perusahaan pemegang merek minuman beralkohol.
Pelepasan saham PT Delta Djakarta Tbk ini merupakan pemenuhan janji Anies-Sandi sejak berkampanye pada Pilgub DKI 2017. Saat masa kampanye, salah satu program unggulan Anies-Sandi adalah melepas kepemilikan saham di perusahaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Pemprov DKI juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI), sebelum akhirnya benar-benar melepasnya. Menurut Sandiaga, dalam waktu dekat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akan dilaksanakan, saat itu Pemprov DKI akan menyampaikan rencana pelepasan saham itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan