kumparan
8 Agu 2018 17:41 WIB

Arab Saudi Akan Pulangkan Seluruh Warganya yang Berobat di Kanada

Perseteruan Diplomatik Arab Saudi-Kanada (Foto: Sumber: Wikipedia)
Hubungan Arab Saudi dan Kanada semakin memanas. Saudi menyatakan menghentikan seluruh program medis dengan Kanada, termasuk memulangkan seluruh warga negaranya yang dirawat di negara tersebut.
ADVERTISEMENT
Keputusan ini memperparah pertikaian diplomatik antara Kanada dan Arab Saudi. Ketegangan tersebut dipicu permintaan Kanada kepada Saudi untuk membebaskan aktivis HAM yang ditahan.
Kantor Berita Arab Saudi (SPA) menyatakan keputusan Riyadh menghentikan pengiriman serta penarikan seluruh pasien merupakan perintah langsung pemimpin negara tersebut.
Dilansir Reuters, walau keputusan sudah diambil belum diketahui berapa pasien yang akan terimbas keputusan itu. Seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan Saudi, untuk biaya kesehatan warganya setelah putusan ini diambil, juga belum bisa dipastikan.
Langkah tersebut merupakan tindakan keras terbaru Saudi terhadap Kanada. Sebelumnya, Negeri Kaya Minyak ini telah mengusir Dubes Kanada dari negaranya dan menghentikan kerja sama pendidikan.
Menurut laporan Al-Arabiya, seluruh "pelatihan dan beasiswa" mahasiswa Saudi di Kanada ditangguhkan. Para mahasiswa Saudi di Kanada akan dipulangkan dan dipindahkan untuk belajar di negara lain.
ADVERTISEMENT
Diperkirakan ada lebih dari 15 ribu mahasiswa mereka yang mendapat beasiswa Kerajaan untuk kuliah di Kanada. Ditambah dengan anggota keluarga yang juga ditanggung, jumlahnya sekitar 20 ribu orang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan