Pencarian populer

Atta Halilintar Salip Ria Ricis di Hari Pahlawan

Konten Data Penguasa YouTube Indonesia. (Foto: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan)

Atta Halilintar begitu gembira saat tahu dirinya menjadi YouTuber dengan jumlah subscribers terbanyak. Kegembiraan itu dia bagikan kepada 2,7 juta pengikutnya di media sosial Instagram

“Channel No.1 di Indonesia! Lebih cepat dari target di bulan Desember. Apa pun kata orang, konsisten is the king,” tulis Atta, Minggu (11/9).

Bagi kumparan, pernyataan Atta tidak terlalu mengejutkan. Sebab selama 30 hari ke belakang, 12 Oktober-10 November 2018, kami memang tengah mengamati pencapaian 10 YouTuber di tiap harinya. Termasuk mengamati Atta. .

Melalui pengamatan itu pula, keberhasilan Atta menjadi YouTuber nomor satu bahkan telah terjadi sejak Sabtu (10/9). Tepat di peringatan Hari Pahlawan, Atta membungkam Ria Ricis yang selama ini bertengger di peringkat pertama.

Pengamatan kumparan dilakukan melalui aplikasi Social Blade yang merupakan media pengukur performa akun-akun media sosial. Kami mencatat adanya akselerasi pertumbuhan jumlah subscribers yang dimiliki Atta setiap harinya.

Dengan begitu, Atta perlahan membayangi jumlah subscribers Ricis. Secara konsisten, jumlah subscribers Atta terus naik setiap harinya.

Ini berbanding terbalik dengan penambahan jumlah subscriber milik Ricis yang setiap harinya cenderung stabil. Uniknya, penambahan subscribers milik Ricis itu justru mengalami penurunan kecepatan menjelang berakhirnya waktu pengamatan yang kami lakukan.

Sebagai contoh, saat subscribers baru Atta bertambah 25.580 orang pada 31 Oktober, di hari yang sama pula penambahan subscribers Ricis justru terjun bebas dibanding hari sebelumnya. Pada hari itu Ricis hanya mendulang 10.815 susbcribers.

Lalu, apa yang terjadi di hari Atta menyalip Ricis?

Saat itu, Atta mengunggah video wawancaranya dengan Denny Cagur. Video wawancara itu dibuat untuk program bertajuk #AttaGrebekRumah.

Isinya. seputar kisah perjuangan Denny yang dahulu pindah-pindah kontrakan dengan gerobak. Hingga akhirnya sukses dan memiliki rumah mewah. Video tersebut pun berhasil ditonton lebih dari 2 juta kali.

Sementara itu, Ricis mengunggah video kolaborasi bersama YouTuber lainnya, Tri Atika. Mereka berdua tengah membuat slime yang merupakan jenis mainan anak-anak. Video itu pun disaksikan sekitar 700 ribu kali..

Meski tertinggal dari Atta, nyatanya pertumbuhan subscribers Ricis masih lebih besar bila dibandingkan dengan YouTuber lainnya. Raditya Dika misalnya, pertumbuhan subscribers dia relatif stabil dan masih jauh dari Ricis.

Menariknya lagi, dalam proyeksi lima tahun ke depan yang disediakan Social Blade, peringkat jumlah subscribers ini tak akan jauh berbeda. Social Blade memprediksi, Atta akan memiliki subscribers sekitar 119 juta dan Ricis sekitar 103 juta pada 15 November 2023. Prediksi itu sendiri berbasiskan algoritma yang dibuat Social Blade dengan cara melihat kecenderungan pertumbuhan subscribers.

===============

Selengkapnya seputar cerita Atta Halilintar dan seluk beluk YouTubers Indonesia dapat disimak dalam topik Penguasa YouTube.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: