• 1

Cerita Wiwid Terjebak Macet, 14 Jam dari Depok Baru Sampai Tol Pejagan

Cerita Wiwid Terjebak Macet, 14 Jam dari Depok Baru Sampai Tol Pejagan


Kemacetan di Tol Pejagan

Kemacetan di Tol Pejagan (Foto: Dok. Fajar Widy)
Kemacetan terjadi di sejumlah titik ruas tol dari arah Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah di H-2 Lebaran atau Rabu (13/6). Kendaraan para pemudik memadati ruas tol tersebut.
Salah satu pemudik dari Depok, Fajar Widi, menceritakan kisahnya berjibaku di kemacetan selama 14 jam pada mudik Lebaran 2018 ini. Wiwid --sapaan akrabnya-- memulai perjalanan mudiknya dari Depok ke Semarang, JawaTengah, pada pukul 03.30 WIB.
Sekitar pukul 04.00 WIB, ia mulai memasuki Tol Jagorawi. Saat itu ia telah disambut dengan kemacetan di tol tersebut. "Jagorawi menuju Jakarta-Cikampek macet, laju kendaraan 10-20 km/jam, enggak ngerti apa yang bikin macet," ujar Wiwid kepada kumparan.
Tak selesai di situ, Wiwid tak bisa memacu mobilnya saat akan memasuki gerbang Tol Cikarang Utama. Ruas tol yang mengarah ke Tol Cipali tersebut mengalami kemacetan yang menurutnya parah.
Untuk mengakalinya, Wiwid sempat keluar dari tol dan memilih melalui jalan alternatif. "Aku ambil jalan alternatif masuk Meikarta, ternyata macet juga," ujarnya.
Lantaran sama-sama macet, ia kemudian memutuskan kembali memasuki tol. Namun, kepadatan lalu lintas tersebut mengharuskan Wiwid untuk bersabar.
"Bener-bener enggak bisa ngebut, sempet lewat contraflow di KM 83-87 Cipali, tapi tidak membantu, karena di ujung menuju Palikanci juga kondisinya padat merayap," jelas Wiwid.
Dalam kemacetan ini, Wiwid baru berhasil sampai di Tol Pejagan di Brebes sekitar pukul 17.40 WIB atau setelah 14 jam berjibaku dengan kemacetan. Di Tol Pejagan ini dia menemui titik terakhir kemacetan.
"Tadi macet terakhir di exit Pejagan (arah) Purwakarta-Yogya. Karena kayaknya sistem buka-tutup, jadi ngantre. Tapi yang lurus arah Semarang lancar, via Tol Batang-Semarang,"
Sesampainya di Tol Fungsional Batang-Semarang ini, Wiwid baru bisa bernafas lega. Dari sekitar gerbang Tol Brexit, ia bahkan bisa mencapai Kendal dalam waktu 1,5 jam dengan kecepatan tertinggi 100 km/jam.
Sekitar pukul 21.00 WIB, ia telah berada di daerah Kendal atau sekitar 35 km lagi sampai di Kota Semarang, kota tujuan mudik Wiwid.

NewsNasionalMudik Lebaran 2018Lebaran 2018Tol

presentation
500

Baca Lainnya