kumparan
16 Mei 2018 17:20 WIB

Citra Satelit Tunjukkan Korut Mulai Lucuti Fasilitas Nuklir

Instalasi nuklir Korea Utara. (Foto: Planet Labs Inc/Handout via REUTERS)
Korea Utara bersungguh-sungguh ketika mengatakan akan melucuti fasilitas pembuat senjata nuklir mereka. Dalam pencitraan satelit, terlihat wilayah tempat fasilitas nuklir Korut berada telah dibongkar.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, Rabu (16/5), dalam citra satelit yang ditangkap Planet Labs tertanggal 14 Mei terlihat beberapa fasilitas nuklir Korut mulai dibongkar satu per satu, salah satunya di Punggye-ri.
Instalasi nuklir Korea Utara. (Foto: Planet Labs Inc/Handout via REUTERS)
Beberapa bangunan di fasilitas itu telah rata dengan tanah. Menurut ahli non-proliferasi nuklir Frank Fabian di antara yang dirobohkan adalah kantor teknisi dan ahli, serta bangunan kompresor untuk memompa air ke terowongan tempat uji ledak nuklir.
Pelucutan senjata nuklir atau denuklirisasi adalah langkah awal dalam proses perdamaian dengan Korea Selatan yang diperoleh pada pertemuan Kim Jong-un dan Presiden Moon Jae-in bulan lalu.
Korut bahkan mengatakan akan meledakkan terowongan tempat uji ledak nuklir sepenuhnya, menutup pintu masuknya, dan membongkar fasilitas observasi, institut riset, dan struktur pengawalnya.
ADVERTISEMENT
Beberapa media asing juga diundang untuk hadir dalam upacara penutupan terowongan tersebut, namun tanggalnya belum ditetapkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan