kumparan
22 Okt 2018 16:02 WIB

Curhat Steffy Burase yang Gagal Dinikahi Gubernur Aceh karena OTT KPK

Fenny Steffy Burase saat memenuhi panggilan KPK dalam kasus suap Gubernur Aceh, di Gedung KPK, Jumat (19/10/2018). (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Dalam sidang praperadilan Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, KPK menunjukkan bukti bahwa Steffy Burase yang selama ini dekat dengan Irwandi, ternyata sudah menikah secara siri dengan Irwandi sejak 8 Desember 2017.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, Steffy membantahnya. Menurutnya, salah satu bukti yang digunakan KPK yakni pesan WhatsApp ke istri Irwandi, Darwati A. Gani, bukan berasal dari dirinya.
"Itu bukan dari saya," kata Steffy sebelum menjadi saksi untuk terdakwa Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (22/10).
Akan tetapi, Steffy mengakui dirinya memang hampir menikah dengan Irwandi pada Kamis, 5 Juli 2018. Pengakuan Steffy itu berkesuaian dengan pernyataan Irwandi yang juga mengakui hampir menikah dengan Steffy yang merupakan model sekaligus stafnya di acara Aceh Marathon 2018 itu.
"Kami rencana mau menikah 5 Juli 2018," ujar Steffy
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Fenny Steffy Burase (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Steffy juga mengakui bahwa pernah umrah bareng dengan Irwandi. Saat mereka umroh, istri dan keluarga Irwandi juga ikut umrah.
ADVERTISEMENT
"Saat Pak Irwandi umrah bersama keluarganya, saat itu beliau pulang mengajak saya. Beliau (Irwandi) bilang sebelum rencana menikah, alangkah baiknya kita sama-sama berdoa, bahwa keputusan (menikah) itu benar. Lalu kami berangkat (umrah)," jelas Steffy.
Namun, rencana pernikahan itu gagal digelar karena adanya OTT KPK pada Selasa, 3 Juli 2018. Hal itu disampaikan pengacara Steffy, Fahri Timur.
"Mereka (Steffy dan Irwandi) menikah itu seharusnya dua hari setelah OTT KPK," kata Fahri yang ikut mendampingi Steffy.
Sebelumnya, hubungan spesial Steffy dan Irwandi itu terkuak melalui keterangan saksi dalam persidangan dengan terdakwa Bupati Bener Meriah, Ahmadi. Pemilik PT Kamitana yang menjadi saksi saat itu yakni Teuku Saiful Bahri, menyebut Irwandi pernah mengakui Steffy Burase sebagai istrinya.
Fenny Steffy Burase saat memenuhi panggilan KPK dalam kasus suap Gubernur Aceh, di Gedung KPK, Jumat (19/10/2018). (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Saiful mengungkapkan adanya hubungan spesial dengan Steffy Burase itu diutarakan Irwandi saat tur ke Amerika Serikat. Tur tersebut diikuti Irwandi, Steffy, Saiful, Ahmadi, serta staf Irwandi yang bernama Hendri Yuzal.
ADVERTISEMENT
Berikut isi pesan WhatsApp yang menurut KPK berasal dari Steffy ke Istri Irwandi, Darwati A Gani, yang diungkap KPK dalam persidangan gugatan praperadilan Irwandi.
Assalamualaikum, selamat pagi bu,
Sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya cuma ingin konfirmasi apakah benar ibu (Daswati) mengijinkan pernikahan saya dengan suami ibu yang saat ini juga adalah suami saya?
Saya menikah sejak 8 Desember dengan pengakuan suami ibu, ibu mengijinkan pernikahan kami. Sekiranya itu tidak benar dan ibu tidak merestui, saya akan meninggalkan suami ibu secara baik-baik.
Karena menurut saya pernikahan yang tidak mendapat izin istri pertama bukanlah pernikahan walau menurut suami kita, istri tidak punya hak melarang suaminya menikah lagi. Beberapa bulan pernikahan kami terlalu banyak konflik kecil-kecil yang dampaknya besar ke kerjaan kami berdua.
ADVERTISEMENT
Mohon maaf sebelumnya saya Lancang, tapi ini untuk kebaikan bersama. Saya bukan pengganggu RT (rumah tangga) orang dan saya menikah dengan suami ibu di depan kedua orang tua dan teman-teman deket. Tapi sekiranya memang benar dugaan saya ibu tidak tahu dan tidak merestui, saya Insyaallah sangat menghargai dan mengerti alasan Ibu.
Terimakasih Steffy.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan