Pencarian populer

Dalam Sehari Anak Krakatau Meletus 37 Kali, Warga Diimbau Menjauh

Gunung Anak Krakatau saat erupsi, Selasa (1/1). (Foto: AFP/AZWAR IPANK)

Gunung Anak Krakatau kembali meletus beberapa kali pada Kamis (3/1). Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan hampir setiap hari Gunung Anak Krakatau meletus.

"Hampir setiap hari Gunung Anak Krakatau meletus. Dari histogram letusan Gunung Anak Krakatau yang dipantau oleh PVMBG, terlihat memang selalu ada jeda beberapa hari gunung tidak meletus, kemudian meletus beruntun," tulis Sutopo di akun instagram pribadinya, Kamis (3/1).

Sutopo mengatakan pada Kamis (3/1) letusan terjadi hingga 37 kali, 42 embusan, hingga gempa vulkanik dalam 2 kali.

"Pada Kamis (3/1) dari pukul 00.00 WIB sampai 24.00 WIB terjadi 37 kali letusan, 42 kali embusan, gempa vulkanik dangkal 1 kali, gempa vulkanik dalam 2 kali dan tremor menerus. Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat dengan warna putih, kelabu dan hitam berintensitas tebal dengan tinggi 2.000 meter dari puncak kawah," terangnya.

Meski masih sering meletus, dari grafik yang dibuat aplikasi pemantau aktivitas gunung api, Magma Indonesia, dalam 3 bulan terakhir terlihat penurunan letusan Gunung Anak Krakatau.

Kendati demikian, Sutopo mengatakan status Gunung Anak Krakatau berada di status siaga. Ia mengimbau agar tak ada aktivitas masyarakat dalam radius 5 kilometer.

"Status Siaga (level 3). Di dalam radius 5 km tidak boleh ada aktivitas masyarakat. Jalur pelayaran Merak-Bakaheuni aman. Tidak terpengaruh letusan," tutupnya.

Sebelumnya Desember tahun lalu letusan Gunung Anak Krakatau memicu tsunami Selat Sunda. BNPB mencatat setidaknya ada 437 korban meninggal dunia akibat bencana tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: