kumparan
16 Apr 2019 15:03 WIB

Distribusi Logistik Pemilu Rampung Hari Ini, Kerusakan Kurang dari 5%

Persiapan Distribusi Kotak Suara ke TPS di Desa Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
KPU terus melakukan sejumlah persiapan jelang hari pencoblosan pada Rabu (17/4) besok. KPU memastikan pendistribusian seluruh logistik, mulai dari surat suara, kotak suara, bilik suara, hingga tinta sudah sampai di masing-masing TPS hari ini.
ADVERTISEMENT
"Seluruh logistik pemilu itu H-1 harus sudah sampai di TPS. Oleh karena itu, sebelum logistik pemilu itu dipergunakan tentu dilakukan chek-in, apabila ditemukan ada logistik-logistik misalnya surat suara misalnya bilik yang tidak memenuhi standar," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4).
Sejumlah petugas melipat surat suara presiden dan wakil presiden Pemilu 2019 di Gudang Logistik KPUD Jakarta Pusat, Selasa (19/2). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Sejauh ini KPU memastikan logistik Pemilu 2019 terpenuhi. Meski di beberapa daerah ditemukan adanya laporan kerusakan logistik, KPU memastikan segera mengganti dan mendistribusikan ulang.
"Jadi petugas-petugas kita di lapangan itu melakukan check-in terakhir untuk memastikan bahwa logistik pemilu dapat digunakan sebagaimana resminya," ucap Wahyu.
Anggota KPU Wahyu Setiawan Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Sementara itu, Komisioner KPU Ilham Saputra menjelaskan kerusakan logistik pemilu di seluruh wilayah Indonesia berdasarkan laporan yang masuk ke KPU RI di bawah 5 persen. KPU juga sudah membuat ulang logistik pemilu yang rusak.
ADVERTISEMENT
"Ya kalau lihat case by case-nya enggak banyak, enggak sampai 5 persen. Kerusakannya pun sebenarnya cuma yang sortir penghitungan kita cuma 1,5 persen. Itu segera kita ganti," kata Ilham.
Anggota KPU, Ilham Saputra Foto: Intan Alfitry/kumparan
Ilham memastikan proses penggantian logistik dan pendistribusian logistik pemilu akan dilakukan secara cepat mengingat hari pemungutan dan penghitungan suara tinggal 1 hari lagi.
"Karena kita lihat juga kemungkinan ada kelebihan kotak suara di beberapa tempat, bisa aja didistribusikan. Ini kan bencana, jadi segera di ganti, kita cari solusinya, tidak ada masalah," tutur Ilham.
Petugas Hansip membawa kotak surat suara Pemilu 2019 yang rusak akibat terkena banjir di Gedung GOR Serbaguna, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (15/4/2019). Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Kejadian logistik pemilu rusak sebelum dipakai salah satunya terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 800 kotak suara yang disimpan di Gedung GOR Serbaguna, Ciseeng, rusak akibat banjir yang menjebol tembok gedung tersebut pada Minggu (14/4).
Poster Pemilu 2019. Foto: kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan