Pencarian populer

Hadiri Coaching Clinic NBA, Anies Cerita Pengalaman Main Basket di AS

Anies Baswedan melambaikan kepada para tamu undangan di pembukaan Coaching Clinic Bola Basket NBA Junior Asia DKI Jakarta 2019, Selasa (22/1). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan )

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pembukaan Akademi Pelatih atau Coaching Clinic Junior NBA di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (22/1). Kegiatan ini juga dihadiri ratusan guru olahraga di DKI Jakarta yang sudah memadati GOR Ciracas sebelum Anies datang.

Dalam kesempatan itu, Anies bercerita soal pernah mengikuti pelatihan basket di Amerika Serikat saat pertukaran mahasiswa selama satu tahun.

"Ketika saya datang saya ditanya mau ikut olahraga apa? Ketika SMA di Yogyakarta saya main bola basket. Jadi ketika ditanya mau ikut apa saya bilang mau ikut basket,” kata Anies di loksi, Selasa, (22/1).

Anies Baswedan berswafoto bersama di pembukaan Coaching Clinic Bola Basket NBA Junior Asia DKI Jakarta 2019 di Gedung Olahraga Ciracas, Jakarta, Selasa (22/1). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan )

Saat itu, Anies merasa para pelatihnya sangat totalitas dan ekspresif dalam mengajarkan teknik bermain basket. Sehingga, tak jarang pelatihnya sangat dekat dengan siswa yang diajar.

“Saya menyaksikan pelatih-pelatihnya luar biasa ekspresif. Mereka itu tak ada jarak dengan siswa, seperti dengan teman. Tidak seperti atasan dan bawahan, sejajar, komuniktif,” terang Anies .

Untuk itu, Anies meminta para guru untuk lebih dekat dengan para siswa. Apalagi menurut Anies, komunikasi dan interaksi tak diajarkan dalam buku teks pelajaran.

“Tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya dan kemudian berharap nanti dari Jakarta muncul murid-murid yang akan bermain di laga nasional dan internasional,” tutur Anies.

Suasana pembukaan Coaching Clinic Bola Basket NBA Junior Asia DKI Jakarta 2019 di Gedung Olahraga Ciracas, Jakarta, Selasa (22/1). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan )

Selain itu, Anies menyambut baik akademi pelatih basket yang akan digelar selama 3 hari ini. Ia merasa pelatihan ini sangat berguna bagi para guru untuk meneruskan semangat olahraga kepada siswa demi meningkatkan prestasi. Menurutnya, guru tak hanya hadir untuk mengajar tetapi juga bisa menggerakkan siswa.

“Hadirnya seorang pendidik bersama dengan siswa mempunyai 4 level. Level paling dasar mengajar, lalu lebih tinggi mendidik, lebih tinggi lagi datang menginspirasi, dan level paling tinggi dia datang menggerakkan,” kata Anies.

“Bapak ibu semua insyaallah bukan hanya hadir untuk mengajar, mendidik, menginspirasi tapi menggerakkan anak-anak kita untuk perubahan lebih baik,” tambahnya.

Timnas Basket Indonesia vs Korea Selatan (Foto: Rocky Padila/Antara)

Anies berharap pelatihan ini dimanfaatkan menumbuhkan semangat berolahraga. Anies merasa dengan cara itu, materi yang nanti disalurkan kepada siswa akan lebih mengena.

“Pelatih-pelatih ini ada tidak yang di depan canggung? Mereka memiliki percaya diri yang utuh, mereka memiliki kemampuan mengendalikan diri yang utuh dan didapat dari kegiatan olahraga basket. Semua cabang olahraga bila dilatihkan dengan baik akan tumbuhkan karakter positif anak,” ujar Anies.

Seusai memberikan sambutan, Anies diminta untuk melempar bola basket ke ring basket. Suasana ramai dukungan untuk Anies cukup menggema seisi GOR Ciracas. Setelah beberapa kali mencoba, Anies berhasil memasukkan bola ke ring basket yang disambut meriah oleh peserta yang hadir.

Anies Baswedan melakukan lemparan bebas pada pembukaan Coaching Clinic Bola Basket NBA Junior Asia DKI Jakarta 2019 di Gedung Olahraga Ciracas, Jakarta, Selasa (22/1). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan )

Dalam acara ini, turut hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ratiyono; Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, Associate Vice President of Marketing Partnerships Junior NBA, Jim Wong; dan Pelatih Kepala Junior NBA, Carlos Barroca.

Jr. NBA merupakan program partisipasi olahraga basket global untuk anak usia sekolah. Sedangkan Akademi Pelatih Jr. NBA adalah program pelatihan guru-guru olahraga yang bertujuan untuk semakin mengembangkan basket lokal melalui pelatihan lapangan, penguatan, dan pendidikan basket.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menetapkan standar permainan basket, melakukan pelatihan dasar olahraga basket, serta mempromosikan gaya hidup sehat. Selain di DKI Jakarta, program ini telah dilaksanakan di Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: