kumparan
26 Mar 2019 4:12 WIB

Israel Lancarkan Serangan Udara Balasan ke Gaza

Kondisi Gaza saat Israel melancarkan serangan udara balasan Foto: REUTERS/Mohammed Ajour
Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza, Senin (25/3) malam waktu setempat. Serangan ini merespons roket yang ditembakkan dari Gaza ke sebelah utara Tel Aviv, di hari yang sama.
ADVERTISEMENT
Pihak Israel menuding Hamas bertanggung jawab dalam serangan roket yang melukai tujuh warga Israel tersebut.
Dilansir Reuters, Senin (25/3), Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan setidaknya lima warga Palestina terluka akibat serangan balasan ini. Suara ledakan terdengar cukup keras dalam serangan kali ini.
Salah satu sumber keamanan di Gaza kepada AFP mengatakan, serangan ditujukan ke sebuah gedung di Gaza yang diduga merupakan markas rahasia milik Hamas.
Warga Gaza mengatakan bangunan itu diketahui menampung perusahaan asuransi yang terkait dengan Hamas. Selain itu, kantor keamanan Hamas di Gaza juga jadi sasaran.
Sebuah rumah di Tel Aviv, Israel, yang terkena serangan roket dari Gaza. Foto: Reuters/Ammar Awad
Sebelumnya, diberitakan AFP yang mengutip sumber kepolisian Israel, serangan roket dari Gaza mengenai rumah di permukiman Mishmeret, sekitar 20 kilometer utara Tel Aviv. Mishmeret terletak 80 kilometer dari Jalur Gaza, tembakan sejauh ini jarang dilakukan oleh kelompok perlawanan atas pendudukan Israel.
ADVERTISEMENT
Akibat serangan ini, tujuh warga Israel dari satu keluarga mengalami luka bakar dan terkena pecahan roket.
Juru bicara militer Israel, Avichai Adraee, menuduh pelaku penembakan roket itu adalah Hamas.
Tidak ada komentar dari Hamas terkait serangan ini. Sekutu Hamas di Gaza, Jihad Islam, juga tidak mengklaim itu tembakan mereka, namun mereka mengatakan, "Kami memperingatkan musuh zionis untuk tidak melakukan agresi terhadap Jalur Gaza."
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan