Pencarian populer
News

Israel Larang Turis Indonesia Masuk ke Negaranya

Ilustrasi bendera Israel (Foto: Pixabay)

Israel melarang turis Indonesia untuk berkunjung ke negaranya. Tindakan tersebut diambil sebagai balasan atas langkah pemerintah yang tak mengizinkan warga Israel masuk ke Tanah Air.

"Israel berupaya untuk mengubah kebijakan Indonesia, tapi langkah yang kami lakukan sepertinya gagal, hal itu mendorong kami melakukan tindakan balasan," ucap juru bicara Kemlu Israel Emmanuel Nahshon seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (30/5).

Kabar ini juga sudah beredar di kalangan agen perjalanan Indonesia. Sejumlah turis yang biasanya hendak berkunjung ke Yerusalem, kini terpaksa batal. Beberapa agen perjalanan sudah membenarkan kabar ini, namun belum bersedia memberi keterangan terbuka.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri soal ini. Upaya konfirmasi kumparan kepada pihak Kemlu belum mendapat respons.

Indonesia mengeluarkan larangan pemberian visa bagi warga Israel, setelah terjadi kerusuhan besar di Gaza. Kericuhan yang terjadi saat perayaan hari Nakba dipicu demo besar yang digelar warga Palestina.

Indonesia tidak mempunyai hubungan bilateral dengan Israel. Sebagai negara pendukung kemerdekaan Palestina, RI mengutuk dipakainya tindakan kekerasan oleh Israel untuk meredam demonstrasi warga Gaza.

Meski tak punya hubungan bilateral, setiap tahunnya, ribuan peziarah asal Indonesia masuk ke Yerusalem melalui visa khusus dari Israel.

Pada 2016 lalu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membuka peluang untuk menjalin hubungan bilateral dengan RI. Namun, Pemerintah memastikan tak akan menjalin hubungan bilateral dengan Israel sampai Palestina merdeka.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: