Pencarian populer

Jejak PM Baru Inggris di Jakarta: Gowes Bareng Jokowi dan Ahok

Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri), Walikota London Boris Johnson (tengah) dan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kanan) saat CFD di Jakarta pada 30 November 2014. Foto: AFP/ADEK BERRY
Boris Johnson pada Selasa (23/7) terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru. Beberapa tahun sebelum menjadi perdana menteri, Johnson pernah menginjakkan kaki di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tepatnya pada 29 November 2014, Johnson yang pada saat itu menjabat sebagai Wali Kota London bertemu dengan Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di ibu kota Jakarta. Ia tinggal di Jakarta selama 2 hari.
Walikota London Boris Johnson bersama Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat CFD di Jakarta pada 30 November 2014. Foto: AFP/ADEK BERRY
Kunjungan Johnson pada ketika itu bertujuan untuk membahas peningkatan kerja sama perdagangan dan juga sharing pengalaman kedua ibu kota dalam sektor pembangunan infrastruktur, teknologi, e-commerce dan layanan keuangan.
Di hari Minggu (30/11), usai pembicaraan bisnis dan urusan kenegaraan usai, politikus Partai Konservatif Inggris itu diajak gowes bareng saat Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat.
Walikota London Boris Johnson saat CFD di Jakarta pada 30 November 2014. Foto: AFP/ADEK BERRY
Rupanya, main sepeda di CFD Jakarta menjadi pengalaman yang berkesan untuk Johnson. Kesan itu dia angkat dalam sebuah artikel di media lokal The Telegraph.
ADVERTISEMENT
Hal pertama yang membuatnya terkagum-kagum adalah warga Jakarta yang bisa bangun pagi. Johnson ingin sekali mengadakan CFD di London, tapi dia pesimistis apakah warga London mampu bangun sepagi itu.
I’m very very impressed. Saya juga akan mengadopsi car free day di London,” tuturnya.
Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) bersama Walikota London Boris Johnson (kanan) saat CFD di Jakarta pada 30 November 2014. Foto: AFP/ADEK BERRY
Johnson juga kagum dengan Presiden Jokowi yang punya banyak fans. Selama bersepeda dengannya, Johnson selalu mendengar warga berteriak nama Jokowi.
Johnson pun menyamakan Jokowi dengan musisi legendaris Jon Bon Jovi saking banyaknya yang mengelu-elukan nama Jokowi.
Johnson kemudian juga memuji pembangunan pesat kota Jakarta dengan banyaknya gedung-gedung pencakar langit di Jakarta. Bangunan-bangunan itu, belum ada saat ia mengunjungi Jakarta 30 tahun sebelumnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86