Pencarian populer

Jokowi: Blue Print Kabinet Sudah Ada, Diumumkan Secepatnya

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pulau Bunaken, Manado. Foto: Fahrian Saleh/kumparan

Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi sejumlah nama calon menteri yang akan membantunya di pemerintahan 2019-2024. Bahkan, Jokowi menyebut akan mengumumkan komposisi kabinet secepatnya.

Pun, ia tak mempermasalahkan jika partai pendukungnya meminta jatah menteri yang banyak.

"Ya enggak apa-apa mau minta 10, mau minta 11 mau minta 9, kan enggak apa-apa wong minta saja," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (12/7).

"Sudah (blue print), secepatnya (pengumuman calon menteri)," imbuhnya.

Adapun, komposisi dalam kabinet mendatang, dijabarkan Jokowi, hampir berimbang antara perwakilan dari kalangan profesional dan partai politik. Termasuk juga dari kalangan milenial seperti yang pernah disampaikannya.

"Ya kira kira 60:40 atau 50:50, kira kira itu. Ya nanti dilihatlah. Nanti kalau keluar dilihat," jelas dia.

Selain itu, Jokowi mengaku sudah meminta calon menteri berusia muda dari partai. Jika tidak ada, ia akan menjaring tokoh muda dari kalangan profesional.

"Saya minta dari partai juga, ada yang muda, ada dari profesional juga. Kalau enggak ada dari partai, kita cari sendiri dari profesional. Profesional muda kan banyak banget profesional-profesional muda," lanjutnya.

Adapun, dalam kabinet mendatang, kata Jokowi, akan banyak menteri yang saat ini masih menjabat. Namun, Jokowi enggan mengomentari bagaimana nasib menteri yang terseret kasus hukum.

"Banyak (Menteri petahana)," tandasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54