Pencarian populer

Jokowi Kirim Menteri ke Korut Antarkan Undangan untuk Kim Jong-un

Presiden Joko Widodo meninjau arena olahraga untuk Asian Games 2018 di Palembang (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo akan mengundang pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri pembukaan Asian Games di Indonesia. Bahkan undangan itu akan diantarkan langsung oleh salah satu menteri.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung undangan tidak hanya untuk Kim Jong-un, tapi juga untuk Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Pramono mengatakan, surat undangan itu telah ditandatangani Jokowi dan akan segera dibawa ke Korut dan Korsel.

"Salah seorang menteri senior menyampaikan undangan secara langsung baik ke (Korea) Utara maupun ke (Korea) Selatan," sebut Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/7).

Pertemuan Moon Jae-in dan Kim Jong-un. (Foto: Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)

Politikus PDI Perjuangan tersebut menegaskan, kedatangan Kim dan Moon sangat ditunggu. Sebab, di Asian Games ini, kedua Korea memutuskan untuk ikut serta di bawah bendera unifikasi.

"Proses reunifikasi sekarang ini Korea Utara dan Korea Selatan bersepakat menjadi satu kontingen, sangat baik di forum ini menjadi etalase dunia bahwa Asian Games, kalau memang bisa dilakukan, mempersatukan, perdamaian dunia," tutur dia.

Terkait keamanan Asian Games, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan. Sebab, segala unsur keamanan sudah disiapkan untuk menjamin pesta olah raga benua Asia tersebut berlangsung aman.

"Kami yakin dari laporan dan rapat terbatas terakhir mengenai Asian Games, baik Panglima, Kapolri, Kepala BIN sudah sangat siap," paparnya.

"Sekarang tinggal penyelesaian infrastruktur di beberapa tempat, terutama di dalam stadion dan pedestrian. Mudah-mudahan tanggal 22 Juli bisa diselesaikan," kata Pramono.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35