Pencarian populer

Jokowi: Kita Sambungkan Infrastruktur dan Tingkatkan Kualitas SDM

Rombongan Jokowi memasuki SICC. Foto: Rafyq Alkandy/kumparan

Capres terpilih Jokowi membacakan pidato kemenangannya di Sentul International Convention Centre (SICC). Ia membuka pidatonya dengan berapi-api dan bicara soal infrastruktur dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kita harus menyadari, kita harus sadar semuanya, bahwa kita hidup dalam sebuah lingkungan global yang sangat dinamis. Fenomena global yang ciri-cirinya penuh kecepatan perubahan penuh kompleksitas dan penuh kejutan-kejutan yang sering jauh dari kalkulasi kita, hitungan2an kita," ungkap Jokowi di SICC, Minggu (14/7).

Oleh sebab itu, kata Jokowi, Indonesia harus mencari sebuah nilai-nilai baru dalam mencari solusi yang dihadapi ke depannya. Dengan inovasi-inovasi baru.

"Kita harus meninggalkan cara-cara lama. Kita harus meninggalkan pola-pola lama. Baik dalam mengelola organisasi, lembaga maupun pemerintahan," tutur Jokowi.

Jokowi melanjutkan, Indonesia harus menuju negara yang produktif dan memiliki fleksibilitas yang tinggi. Oleh sebab itu, infrastruktur adalah hal pertama yang harus dibangun terus-menerus.

Presiden Joko Widodo (kanan) ketika mengunjungi Kepulauan Bunaken di Sulawesi Utara, Jumat (5/7). Foto: Dok. Agus Suprapto

"Infrastruktur yang besar-besar telah kita bangun. Ke depan kita akan lanjutkan dengan cepat, dan menyambungkan infrastruktur-infrastruktur besar itu. Seperti jalan tol, kereta api, pelabuhan dengan kawasan-kawasan produksi rakyat," jelas dia

"Kita sambungkan dengan industri-industri kecil, KEK (kawasan ekonomi khusus), kawasan-kawasan pariwisata. Arahnya harus ke sana, fokusnya harus ke sana," tegasnya.

Selain infrastruktur, Jokowi juga menyinggung soal peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kita ingin memberikan prioritas ke pembangunan SDM kita. Titik pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, balita, anak-anak sekolah kita. Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia unggul ke depan," tuturnya.

Suasana di SICC, jelang pidato kemenangan Jokowi-Ma'ruf, Minggu (14/7). Foto: Rafyq Alkandy/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57