Pencarian populer

Jokowi soal Lahan Prabowo: Memang Tidak Ada Masalah

Capres no urut 01 Jokowi sempat menyinggung soal kepemilikan lahan capres 02 Prabowo Subianto dalam Debat Pilpres kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, (17/2). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Pembahasan soal kepemilikan lahan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto terus berlanjut. Sebagai sosok yang mengawali pembahasan itu, capres nomor urut 01 Joko Widodo kembali menanggapi polemik yang terus bergulir itu.

Pembahasan kepemilikan lahan Hak Guna Usaha (HGU) Prabowo dimulai sejak Debat Pilpres kedua di Hotel Sultan, Minggu (17/2). Saat itu, Jokowi mengungkapkan bahwa Prabowo memiliki lahan 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare di Aceh Tengah.

Kubu Prabowo menilai pernyataan Jokowi sebagai serangan pribadi kepada Prabowo. Mereka menganggap, Jokowi telah menyalahi aturan, mengingat KPU melarang capres melakukan serangan pribadi dalam Debat Pilpres.

Jokowi menegaskan, ia tidak pernah mempermasalahkan Prabowo punya lahan.

"Memang tidak ada masalah. Apa saya pernah bilang masalah? Enggak kok," kata Jokowi usai menghadiri pengarahan saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf untuk TPS di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/2) malam.

Saat ditanya mengenai tujuan mengungkapkan hal itu, Jokowi mengaku bahwa pernyataan itu hanya tanggapan atas kritik Prabowo yang menyebut pembagian sertifikat tanah yang tidak bermanfaat.

Joko Widodo di Hotel Sultan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

"Saya hanya menyampaikan bahwa ada kepemilikan sejumlah itu, enggak memasalahkan itu ilegal atau itu enggak, enggak ada, jangan ditarik ke mana-mana," mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan.

Sebelumnya, pembahasan terkait lahan HGU Prabowo sampai membuat Partai Gerindra mengungkit-ungkit soal Pilgub DKI 2012. Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo, sebagian laba dari lahan Prabowo digunakan untuk membiayai kampanye Jokowi - Ahok.

"Dan yang perlu diketahui bersama, salah satu keuntungan usaha kelola lahan tersebut adalah untuk membiayai kampanye Pak Jokowi saat Pilgub DKI tahun 2012 lalu yang jumlahnya sangat besar," tutur Edhy dalam keterangan tertulis, Rabu (20/2).

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: