Pencarian populer

Kades Siap Revisi Aturan yang Larang Non-Muslim Tinggal di Dusun Karet

Kepala Desa Pleret, Nurman Afandi saat memberikan keterangan. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Kepala Desa Pleret, Bantul, DIY, Nurman Afandi, menyalahkan Slamet Jumiarto (42) yang pindah ke daerah lain tanpa menanyakan kesepakatan antarwarga. Slamet merupakan warga yang kepindahannya ke Dusun Karet, Desa Pleret, ditolak karena beragama Katolik, bukan Islam.

“Seharusnya, sebelum masuk, tanya dulu sebelumnya seperti apa (peraturannya),” Nurman, Selasa (2/4).

Nurman mengaku baru mengetahui adanya surat keputusan yang melarang warga non-muslim tinggal di Dusun Karet. Meski demikian, dia mengaku tidak bisa mencabut surat keputusan itu. Surat keputusan itu, kata Nurman, hanya bisa direvisi.

“Revisi supaya tidak menyalahi aturan. Seharusnya (peraturannya) seluruh pendatang baru yang ingin domisili di situ baik muslim ataupun non-muslim harus mengikuti ketentuan yang ada di situ," ujar Nurman.

Slamet Jumiarto (42), ditolak tinggal di Dusun Karet, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Perangkat desa setempat menolak Slamet karena dia agamanya Katolik, bukan Islam.

Slamet kaget lantaran sebelumnya dia mendapat informasi dari pemilik kontrakan bahwa siapa saja boleh mengontrak di tempat itu. Namun ketika sedang mengurus administrasi kepindahan, dia ditolak oleh ketua rukun tetangga setempat dan kepala dusun karena agama.

Pria yang berprofesi sebagai seniman lukis itu kaget. Dia tak menyangka, belasan tahun tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta, baru kali pertama menerima diskriminasi menyoal agama yang dianutnya.

Kepala Dusun (Kadus) Karet, Iswanto, membenarkan adanya penolakan itu. Menurut Iswanto, penolakan itu karena di dusunnya ada surat keputusan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Kelompok Kegiatan Dusun Karet.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63