Pencarian populer

Kapal Ikan Spanyol Berawakkan 8 ABK WNI Tenggelam di Atlantik

Ilustrasi Kapal Tenggelam (Foto: Pixabay)

Kapal ikan berbendera Spanyol Dorneda dilaporkan tenggelam di Samudera Atlantik pada Kamis (12/7) lalu. Kapal tersebut diketahui membawa 27 kru, termasuk delapan orang warga negara Indonesia.

Dari keterangan Kementerian Luar Negeri dan Agama Argentina kepada KBRI Buenos Aires, 25 dari 27 kru kapal berhasil dievakuasi. Seluruh ABK WNI pun dipastikan selamat.

Dua buah kapal yaitu Beagle I dan Farruco telah diinstruksikan untuk mendatangi lokasi tenggelamnya Dorneda dan melakukan evakuasi.

Kapal Beagle 1 diketahui membawa 9 kru kapal termasuk satu WNI. Kapal tersebut telah bergerak menuju Pelabuhan Mar del Plata, Argentina pada hari Minggu (15/7).

Sementara tujuh ABK WNI lainnya dibawa menggunakan kapal Farruco menuju Pelabuhan Montevideo, Uruguay. Kapal tersebut tiba di hari yang sama dengan Beagle 1.

Menurut Dubes RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie, pihaknya telah berkoordinasi dengan otoritas Argentina dan Uruguay untuk membantu pemulangan seluruh WNI ke tanah air.

"Keselamatan WNI di luar negeri adalah prioritas dan salah satu tugas utama KBRI Buenos Aires," sebut Ninik seperti dikutip dari situs kemlu.go.id, Senin (16/7).

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam misi penyelamatan awak kapal tersebut," sambung Ninik.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36