Pencarian populer

Karyawan Garuda Buka Kemungkinan Berdamai dengan Rius Vernandes

Pesawat Garuda Indonesia di landasan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Foto: REUTERS / Darren Whiteside
Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) membuka kemungkinan untuk berdamai dengan Rius Vernandes, YouTuber yang mengunggah postingan menu makanan Garuda menggunakan tulisan tangan di sosial media. Pegawai maskapai penerbangan pelat merah ini bersedia jika masalah menu tulis tangan ini harus diselesaikan secara kekeluargaan.
ADVERTISEMENT
Ketua Harian Sekarga Tomy Tampati mengatakan, penyelesaian masalah ini di luar hukum akan dilakukan jika Rius memperlihatkan itikad baik.
"Kemungkinan itu (pencabutan laporan) besar dan kami siap saja. Kalau si YouTuber ini punya good will, kita namanya manusia lebih ke pola penyelesaian perdamaian," kata Tomy kepada kumparan, Rabu (17/7).
"Kalau ada perdamaian, kalau ada saling pemahaman, pasti kita cabut," sambungnya. Tomy meyakini, karyawan Garuda Indonesia yang melaporkan Rius bersedia mencabut laporannya.
Mengenai tindakan karyawan Garuda Indonesia membawa masalah ini ke ranah hukum, Tomy menyatakan bukan karena maskapai ini tidak mau menerima kritik dari penumpangnya. Selama ini, dia menyatakan, Garuda selalu menerima kritik dari semua pihak. Malah ada kompensasi bagi penumpang yang tidak puas dengan pelayanan yang didapatkan.
ADVERTISEMENT
"Komplain kita akan jelaskan masalahnya, akan sampaikan permohonan maaf. Dan terkadang kalau komplain itu berat, kita akan tawarkan sesuatu sebagai kepedulian kita. (misalnya) 'kalau berkenan kita kasih tiket ke Surabaya gratis,kita terima kasih sudah komplain dan perbaiki, tapi ini karena individu yang tidak SOP'," kata Tomy.
Kolase instastory Rius Vernandes terkait catatan menu makanan Garuda Indonesia yang ditulis tangan Foto: Instagram/@rius.vernandes
Untuk masalah ini, karyawan Garuda sampai membawanya ke ranah hukum karena Rius telah dianggap menyebarkan sesuatu yang belum dikonfirmasikan. Tindakan Influencer itu dianggap telah menyudutkan karyawan Garuda.
"Pak ketua lapor, kami harus bersikap. Kita ini disudutkan saja," kata Tomy yang mengulangi perkataan karyawan yang meminta Rius dilaporkan.
Tomy juga membantah laporan tersebut adalah permintaan dari Manajemen Garuda Indonesia. Dia menegaskan, Sekarga adalah organisasi independen.
ADVERTISEMENT
"Kalau manajemen tidak beres, juga kami laporkan," tutur Tomy.
"Kita pun lagi hitung-hitungan. Jangan-jangan saya dipanggil manajemen diminta pertanggungjawaban, tapi saya akan jawab yang sama. Kami punya hak karena sama-sama jaga Garuda," sambungnya.
Rius dilaporkan dengan dugaan melanggar UU ITE dan pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik. Kasus ini bermula, setelah beberapa waktu lalu, Rius mengunggah sebuah foto menu makanan yang ditulis dengan tangan dalam secarik kertas. Saat itu, dia duduk di kursi kelas bisnis Garuda Indonesia.
Berdasarkan unggahan tersebut, catatan menu makanan yang ditulis tangan tersebut diberikan ke pada penumpang kelas bisnis karena awak kabin beralasan bahwa buku menu yang seharusnya digunakan masih dalam proses percetakan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80