kumparan
18 Jun 2019 15:42 WIB

Keluarga Ikhlaskan 6 Korban Kecelakaan Cipali: Tuhan Sudah Berkehendak

Karangan bunga di rumah Rafi korban kecelakaan beruntun Tol Cipali, Selasa (18/6). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Polisi telah menetapkan seorang penumpang bus Safari, Amsor (29), sebagai tersangka kecelakaan beruntun yang menewaskan 12 orang di KM 150 Tol Cipali. Amsor diduga menyerang sopir bus hingga akhirnya bus menabrak Xpander, Innova, dan satu truk.
ADVERTISEMENT
Salah satu keluarga korban, Betty Panggabean, mengetahui adanya human error dalam peristiwa yang merenggut nyawa satu saudara dan empat orang keponakannya, salah satunya Rafi Mauladana. Meski begitu, ia mengaku sudah mengikhlaskan kepergian korban yang menumpang mobil Xpander tersebut.
“Tapi kurang lebih garis besarnya, kita sudah mengikhlaskan kejadian ini. Walaupun memang human error, tapi mungkin Tuhan berkehendak seperti ini,” kata Betty di rumah duka Rafi, Jalan Nangka, Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur, Selasa (18/6).
Betty mewakili keluarga korban belum berpikir untuk membawa peristiwa itu ke jalur hukum. Ia mengatakan hingga kini keluarga masih ingin menenangkan diri.
Mobil Mitsubishi Xpander yang ringsek ditimpa bus Safari dalam kecelakaan di Tol Cipali Km 150, Senin (17/6/2019) dinihari. Foto: Nurcholis Basyari
Wanita berambut merah itu menjelaskan hingga kini orang tua Rafi juga belum diberitahu terkait berita tentang penyebab kematian anaknya.
ADVERTISEMENT
“Jadi untuk orang tua Rafi pun belum kami sampaikan berita yang masih simpang siur itu. Karena belum ada kejelasan dari pihak kepolisian juga kepada kami yang (akan) menjelaskan. Hanya kami dengar dari media sosial. Kami dari keluarga masih bisa waras, jadi belum ada komentar dari orang tua,” kata Betty.
Bahkan untuk biaya pengurusan jenazah, menurutnya, hal itu ditangani pihak lain. Sebab keluarga masih sangat berduka dengan peristiwa nahas tersebut.
“Jadi ada hal yang terkecil juga, jadi kita belum bahas itu. Kami sangat masih berduka banget. Jadi itu sudah ada yang terkecil kita belum tanya itu. Apakah itu pihak dari Jasa Raharja atau pihak mana kita belum tahu,” kata Betty.
Rafi merupakan penumpang Xpander merah yang terlibat dalam kecelakaan maut di Tol Cipali. Mobil tersebut ditumpanginya bersama sepupunya bernama Reza, Aditya, Rivan, serta Dhafa.
ADVERTISEMENT
Mobil yang baru pulang dari Dieng itu dikendarai oleh paman Rafi, Heruman Taman. Pengemudi dan penumpang mobil itu -- semuanya berjumlah enam -- tewas di lokasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·