Pencarian populer

KM Lestari, Kapal Kelima yang Tenggelam Sebulan Terakhir

Sejumlah penumpang berusaha menyelamatkan diri dari KM Lestari Maju yang tenggelam. (Foto: Istimewa)

Kapal Motor Lestari Maju tenggelam di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7). Tenggelamnya KM Lestari Maju itu merupakan kapal kelima yang karam dalam rentang waktu Juni hingga awal Juli 2018 yang ramai menjadi berita. Berikut ini rentatan kapal tenggelam yang terjadi sebulan terakhir.

KM Sinar Bangun

KM Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba pada Senin (18/6). Selain karena kelebihan muatan, kapal tersebut tenggelam akibat cuaca buruk.

Dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB itu, KM Sinar Bangun diketahui mengangkut sekitar 188 orang. Dari jumlah tersebut, 21 orang ditemukan dalam kondisi selamat.

Menurut Kepala BPBD Sumut Rinaldi Lubis, proses pencarian terhadap 164 korban tenggelam akan dihentikan pada hari ini, Selasa (3/7).

KM Sinar Bangun. (Foto: Dok. istimewa)

Berbagai upaya dilakukan untuk mencari keberadaan korban dan kapal, akhirnya pada Kamis (28/6), Basarnas menemukan bangkai kapal beserta para korban yang masih berada di dasar danau di kedalaman 450 meter.

KM Ramos Risma Marisi

Berselang empat hari dari insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, KM Ramos Risma Marisi juga mengalami insiden yang sama pada Jumat (22/6).

KM Ramos Risma Marisi yang karam. (Foto: Dok. Polda Sumut)

Kapal yang berlayar dari Pulau Sibandang di Kabupaten Tapanuli Utara menuju Pelabuhan Nainggolan di Kabupaten Samosir itu membawa 5 orang. Karena kapal tidak berlampu, kapal tersebut menabrak bambu yang berada di tengah Danau Toba. Akibat insiden itu, satu orang hilang.

Kecelakaan Dua Speedboat

Kecelakaan antara dua speedboat terjadi di perairan Sei Nyamuk, perbatasan RI-Tawau, Malaysia, Jumat (29/6). Insiden itu menewaskan lima orang, sedangkan dua orang mengalami luka-luka.

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 19.00 WITA itu terjadi antara speedboat TKI dari Tawau Malaysia ke Sebatik Indonesia dengan speedboat dari Sebatik Indonesia.

Kapal Pengangkut 44 TKI

Sebuah kapal yang mengangkut 44 Tenaga Kerja Indonesia karam di perairan Tanjung Balau, Kota Tinggi, Johor, Malaysia pada Senin (2/7).

Kapal tersebut tenggelam diduga akibat cuaca buruk dan kelebihan muatan. Akibat insiden itu, 18 orang dilaporkan hilang, dan satu orang telah ditemukan dalam kondisi tewas.

KM Lestari Maju

Kapal Motor Maju Lestari tenggelam di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Saat insiden itu terjadi, kapal tersebut sedang berlayar dari Tanjung Bira, Bulukumba menuju Pulau Selayar.

Kapal tersebut tenggelam diduga akibat lambung kapal yang bocor. "KM Lestari Maju sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar dan diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/7).

Sejumlah penumpang berusaha menyelamatkan diri dari KM Lestari Maju yang tenggelam. (Foto: Istimewa)

Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi para korban tenggelamnya kapal motor itu masih berlangsung.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57