Pencarian populer

Konsul Jenderal Arab Saudi Dikabarkan Meninggalkan Turki

Ahli forensik polisi Turki tiba di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. (Foto: REUTERS / Murad Sezer)
Konsul Jenderal Arab Saudi untuk Turki, Mohammad al-Otaibi, diberitakan meninggalkan Istanbul, Turki, untuk kembali ke Riyadh, Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, al-Otaibi meninggalkan Turki dengan menggunakan pesawat komersial beberapa jam sebelum kantornya digeledah oleh tim penyidik kepolisian Turki. Pihak kepolisian Turki menggeledah kantor al-Otaibi untuk mencari tahu mengenai hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi 2 pekan yang lalu.
Khashoggi diberitakan sempat terlihat berada di Konsulat Arab Saudi pada 2 Oktober 2018. Namun, pihak pemerintah Arab Saudi membantah terlibat atas hilangnya jurnalis yang kerap mengkritik Kerajaan Arab Saudi.
Sementara itu, pemerintah Rusia juga menyambut baik perjanjian antara Turki dan Arab Saudi yang sepakat bekerja sama dalam investigasi hilangnya Khashoggi. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, pihaknya berharap agar hasil investigasi nantinya dapat dipublikasikan ke publik.
Pada 2 Oktober lalu, Khashoggi memasuki Konsulat Saudi untuk mengurus surat pernikahannya dengan wanita Turki. Namun setelah beberapa jam tidak juga keluar, Khashoggi dinyatakan hilang.
ADVERTISEMENT
Berbagai media yang mengutip sumber intelijen menyebut jurnalis pengkritik pemerintah Saudi itu tewas dibunuh dan mayatnya dimutilasi untuk menghilangkan jejak. Namun Saudi membantah.
Sumber CNN menyebut Saudi tengah mempersiapkan laporan yang menyebut Khashoggi tidak sengaja terbunuh dalam proses interogasi di Konsulat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81