Pencarian populer
KPU Seleksi Panelis Debat Pilpres Kedua, Diumumkan Rabu 30 Januari
Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis (30/08/2018). (Foto: Nadia K Putri)
Jelang debat pilpres kedua yang akan digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, pada 17 Februari mendatang, KPU masih terus menyeleksi panelis yang bertugas mengajukan pertanyaan untuk kedua paslon. Daftar anggota panelis itu rencananya akan diumumkan pada Rabu (30/1).
"Insyallah (Rabu) kami perlu memastikan bahwa panelis itu betul-betul netral," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/1).
Sejauh ini, KPU sudah memiliki sederet nama yang akan dicalonkan. Namun, Wahyu belum bisa merinci nama-nama calon panelis itu.
"Sedang kita tracking, jadi nama-nama panelis sudah kita susun. Hanya sekarang kita sedang melakukan tracking untuk memastikan panelis tersebut memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku," ucap Wahyu.
Sementara untuk metode tracking yang digunakan KPU dalam menyaring calon panelis yaitu dengan melihat rekam jejak para calon dari pemberitaan dan media sosial.
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dengan nomor urut 01, Jokowi -Ma'ruf Amin bersalaman dengan pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
"Kita juga menggunakan jalur lain (selain melihat pemberitaan) yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena syarat menjadi panelis itu selain dia pakar di bidangnya, kompeten di bidangnya, harus punya integritas. Panelis itu netral dan tidak terkait dengan paslon atau tim kampanye," tegas Wahyu.
Pada debat perdana, KPU menetapkan enam orang panelis untuk tema 'Hukum, HAM Korupsi dan Terorisme'. Mereka adalah Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua MA Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli hukum tata negara UI Bivitri Susanti, Eks Staf Ahli Mensesneg Margarito Kamis, dan Ketua KPK Agus Rahardjo. Adapun Ira Koesno dan Imam Priyono didapuk menjadi moderator.
KPU pada Jumat (25/1) telah menggelar rapat bersama dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) paslon 01 Jokowi-Ma'ruf, Badan Pemenangan Nasional (BPN) paslon 02 Prabowo-Sandi dan pihak stasiun TV penyelenggara untuk membahas persiapan debat Pilpres kedua.
Dari hasil rapat itu, diputuskan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki akan menjadi moderator dan memandu jalannya debat kedua yang mengangkat tema 'Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: