Pencarian populer
News

Lembut dan Wangi, Cita Rasa Durian Seharga Rp 14 Juta Asal Banyumas

Durian seharga Rp 14 juta. (Foto: Instagram/@realplazaasiatasik)

Durian seharga Rp 14 juta per buah yang dipamerkan di Mall Plaza Asia Tasikmalaya, Jawa Barat, viral di jagat maya. Sebagian warganet bertanya-tanya soal rasa dan aroma duren yang diberi nama J-Queen itu.

Adalah Sudarno yang membawa durian itu ke Tasikmalaya. Sudarno merupakan seorang petani asal Banyumas, Jawa Tengah. Dia membawa J-Queen ke Tasikmalaya untuk dikenalkan kepada masyarakat pada Jumat, 25 Januari 2019.

Sudarno memiliki alasan mematok harga Rp 14 untuk satu buah durian. "Karena rasanya itu enak, manis, dan lembut, beda dengan durian-durian yang ada di manapun," ujar Sudarno, saat dihubungi, Selasa (29/1).

Menurut Sudarno, rasa J-Queen di lidah tak akan hilang meski yang mengonsumsi sudah memakan makanan lain. "Jadi di tenggorokan itu, rasanya masih ada. Pokoknya testimoni orang yang sudah menyantapnya seperti itu," ujar dia.

Selain rasa, Sudarno mengklaim aroma durian hasil eksperimennya sendiri itu semerbak. Wanginya, kata Sudarno, pekat tapi tak menusuk hidung. Sudarno bangga durian hasil silang tanam yang dilakukannya selama bertahun-tahun itu viral.

Sudarno mengatakan jika dilihat tak ada perbedaan bentuk antara J-Queen dengan durian biasa. Namun, jika dicium dan dimakan, ada rasa yang tak didapat di durian lain. "Inilah yang disebut rasa yang luar biasa bagi pecinta durian," ujar dia.

Dia mengisahkan jatuh bangun melakukan uji coba 'menciptakan' J-Queen. Menurut Sudarno, pohon durian J-Queen tidak berbuah sepanjang tahun. "Tapi dalam kurun waktu tertentu. Dan sekalinya berbuah waktu itu pernah rasanya tidak enak, akhirnya kami coba lagi dan terus mencoba."

Hingga akhirnya, J-Queen memiliki rasa yang diklaim Sudarno pas dan siap edar dengan harga tinggi. "Ini juga sebagai cara kami menghargai para petani yang sudah berjuang menanam durian dengan cita rasa baru," ujar dia.

Sudarno mengatakan dari empat J-Queen yang dia bawa ke Tasikmalaya, dua di antaranya telah dibeli orang. Dia tidak mau memberi tahu siapa orang yang rela membayar Rp 14 juta durian itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: