kumparan
8 Nov 2017 16:07 WIB

Lezatnya 9 Hidangan Khas Solo di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Jokowi, Bobby, Kahiyang, Iriana (Foto: Agus Suparto - Presidential Palace)
Putri tunggal Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, resmi menyandang status istri Bobby Nasution setelah acara ijab kabul selesai dilaksanakan pada Rabu (8/11) pagi tadi.
ADVERTISEMENT
Setelah ijab kabul, berlangsung resepsi pesta pernikahan yang dibagi menjadi dua sesi yakni pada pukul 10.30 - 13.00 dan malam hari mulai pukul 18.30 WIB di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.
Tak luput dari perhatian, pernikahan Kahiyang-Bobby diwarnai dengan beragam sajian makanan khas Indonesia yang lezat.
Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum sedikitnya sembilan macam hidangan lezat yang tersaji di resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby.
1. Setup makaroni
Loading Instagram...
Sup berbahan dasar makaroni, susu dan kaldu ayam tersebut memiliki rasa gurih. Hidangan khas Solo yang satu ini akan lebih lezat saat dinikmati dalam keadaan hangat.
2. Cabuk rambak
Loading Instagram...
Panganan ringan yang mulai langka dari kota Solo ini bisa kamu nikmati di acara resepsi Kahiyang-Bobby.
ADVERTISEMENT
Makanan dengan ketupat sebagai bahan utama disajikan dengan saus yang terbuat dari wijen, kemiri dan kelapa parut yang telah disangrai. Terakhir ditambah beberapa potong karak (kerupuk nasi) sebagai pelengkap.
3. Sate Kere
Loading Instagram...
Sate yang sudah ada sejak zaman kolonial ini, terbuat dari tempe gembus serta jeroan sapi dan telah menjadi panganan masyarakat Indonesia sejak zaman penjajahan.
Dalam penyajiannya, setelah bahan-bahan tersebut dicelupkan ke dalam bumbu hingga meresap. Kemudian sate dibakar di atas arang dan disiram dengan bumbu pecel khas solo.
4. Gudeg
Nasi Gudeg makanan khas Yogyakarta. (Foto: Wikimedia Commmons)
Makanan khas Yogyakarta ini juga dihidangkan dalam resepsi Kahiyang-Bobby.
Masakan berbahan dasar nangka muda dan santan tersebut sudah sangat familiar bagi banyak orang. Rasanya yang manis dan gurih menjadi hidangan favorit.
ADVERTISEMENT
5. Kambing guling
Stand kambing guling. (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Selain beragam makanan khas Solo, dalam resepsi itu juga disajikan hidangan khas timur tengah salah satunya ialah kambing guling.
6. Timlo
Loading Instagram...
Timlo merupakan makanan khas kota Solo yang terdiri dari telur, daging ayam atau sapi, kentang goreng, wortel, bihun dan sebagainya. Beragam isian tersebut disiram menggunakan kuah bening yang rasanya gurih dari kaldu ayam.
7. Markobar
Markobar martabak kekinian yang jadi favorit. (Foto: Instagram/@markobar1996)
Makanan berupa martabak kekinian milik Gibran ini juga turut menyajikan 1.100 loyang martabak yang terdiri dari 600 loyang martabak manis, dan 500 loyang martabak telur.
8. Es puter
Loading Instagram...
Salah satu hidangan pencuci mulut yang tersedia pada resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby ialah es puter.
Uniknya, dalam pembuatan es puter tak menggunakan susu melainkan santan kelapa. Rasa gurih dan manis begitu terasa saat menikmati hidangan ini.
ADVERTISEMENT
9. Serabi Solo
Loading Instagram...
Siapa yang tak mengenal serabi Solo, jajanan pasar ini terkenal sebagai oleh-oleh primadona dari kota Surakarta. Cara memasak yang masih menggunakan tungku tanah liat dan arang membuat rasanya lebih lezat.
Semua hidangan tersebut sepenuhnya disajikan oleh katering Chilli Pari milik Gibran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan