Pencarian populer

Ma'ruf Minta Sandi Tak Sungkan di Debat: Yang Penting Santun

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno bersalaman dengan calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin jelang debat pertama Pilpres 2019. Foto: Instagram/@sandiuno

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin meminta cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno tak perlu sungkan dalam debat ketiga Pilpres 2019. Di debat itu giliran head to head cawapres, tanpa capres.

"Yang penting laksanakan dengan santun, sopan. Bukan hanya Pak Sandi ke saya, saya juga yang tua ke yang muda harus saling menghormati," kata Ma'ruf dalam keterangannya, Selasa, (19/2).

Sandi memang sempat menyampaikan bahwa dirinya tidak akan menyerang Ma'ruf dalam debat antar-cawapres nanti. Sandi merasa Ma'ruf merupakan ulama yang sangat dia hormati.

Ma'ruf juga mengapresiasi sikap hormat Sandi kepadanya. Ma'ruf menilai, berdebat dengan ulama bukan berarti tidak menghormati ulama.

"Kita saling menghormati dengan cara yang santun, tapi kita harus ikuti aturan KPU," tegas Ma'ruf.

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin tiba untuk menonton debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Dalam debat juga Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengatur ketentuan. Ma'ruf menyebut silang pendapat bukan ajang untuk merendahkan atau tidak menghormati. Apalagi tempat berkelahi.

Dia dan Sandi akan beradu konsep dan pandangan. Semuanya diakomodasi oleh pertanyaan panelis yang diutarakan moderator.

"Kan tanya jawab. Debat kan tidak berarti berantem, tanya jawabnya gimana, saya ditanya jawabnya gimana. Itu kan tanya jawab," ucap Kiai Ma'ruf.

Debat ketiga Pilpres akan mempertemukan Ma'ruf Amin dan Sandi, Minggu, 17 Maret 2019. Debat ketiga ini hanya mempertemukan para cawapres. Temanya, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

Jadwal Debat Pilpres 2019. Foto: Nunki Pangaribuan/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53