Pencarian populer

MRT Kenalkan Tiket Perjalanan Bernama 'Kartu Jelajah'

Kartu Jelajah yang dikeluarkan oleh MRT Jakarta. Foto: Instagram/@mrtjkt

PT MRT Jakarta terus mempersiapkan diri jelang pengoperasian Moda Raya Terpadu (MRT) Maret 2019. Kali ini, PT MRT mulai memperkenalkan tiket perjalanan yang diberi nama 'Kartu Jelajah'.

"Teman MRT sudah tahu Kartu Jelajah? Kartu Jelajah adalah kartu yang akan dikeluarkan oleh MRT Jakarta, terdapat dua jenis kartu yaitu kartu single trip dan multi trip," tulis akun instagram resmi MRT, mrtjkt, Senin (4/2).

Kartu Jelajah yang dikeluarkan oleh MRT Jakarta. Foto: Instagram/@mrtjkt

Kartu Jelajah MRT terdiri dari 2 jenis, single trip dan multi trip. Penggunaannya juga mirip dengan tiket KRL Commuter Line. "Perbedaan kartu ini adalah kartu single trip hanya untuk perjalanan sekali jalan dan masih bisa digunakan dalam 7 hari dengan diharuskan top up saat ingin berangkat, dan multi trip yang dapat digunakan lebih dari satu kali dan jika saldo habis dapat di top up dengan masa berlaku kartu yang lebih panjang," jelas dia.

Scaner yang digunakan untuk Kartu Jelajah. Foto: Instagram/@mrtjkt

Selain itu, warga juga bisa menggunakan kartu uang elektronik (e-money) yang dimiliki bank. Tapi, untuk penggunaan kartu e-money bank, masih dalam proses koordinasi dengan Bank Indonesia. "Teman MRT dapat menggunakan kartu uang elektronik bank. Dalam penggunaan kartu uang elektronik tersebut, saat ini sedang dipersiapkan sistem pembayaran dan perizinan yang diperlukan dari Bank Indonesia," ucap dia.

Petugas melakukan pengecekan kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Lebak Bulus. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hingga saat ini, PT MRT belum memutuskan besaran tarif MRT fase I dari Lebak Bulus-Bundaran HI. Dirut PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengatakan, tarif tiket MRT Jakarta yang paling masuk akal adalah Rp 700 per km. Sementara itu, ada tambahan biaya lainnya yang disebut dengan tarif boarding sebesar Rp 1.500. Jadi penumpang dengan rute terjauh, yaitu Bundaran HI menuju Lebak Bulus sepanjang 16 km, tarifnya sekitar Rp 12.800.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41