kumparan
12 Des 2018 13:02 WIB

PAN Tak Pecat Ketua DPW Kalsel yang Dukung Jokowi-Ma'ruf: Kami Rugi

Wakil Ketua DPP PAN Bara Hasibuan. (Foto: Nadia Riso/kumparan)
Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan Muhidin mendukung pasangan capres dan cawapres nomor 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal ini bertolak belakang dengan keputusan DPP PAN yang mendukung pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi.
ADVERTISEMENT
Merespons hal itu, Waketum PAN Bara Hasibuan menilai akan sulit bagi partainya untuk memberikan sanksi terhadap Muhidin yang mendukung pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf. Sebab, selama ini pengurus DPW PAN Kalsel turut membantu membesarkan PAN di daerah.
"PAN sangat membutuhkan kepemimpinan Pak Muhidin di Kalsel dan kami sadari itu, kami sadari ketokohannya, backgroundnya, pengalaman politiknya. Untuk kami memang mengajak Pak Muhidin untuk gabung dengan PAN," kata Bara di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/12).
"Jadi di sini memang kami pada prinsipnya kami sangat membutuhkan Pak Muhidin apalagi ini menjelang pileg ya. Kalau misalnya Pak Muhidin dipecat atau mengundurkan diri itu akan menimbulkan kerugian bagi PAN," lanjutnya.
Alih-alih memecat, Bara justru menghormati sikap Muhidin yang berani menyatakan sikap dukungannya ke pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.
ADVERTISEMENT
"Saya sendiri menaruh respect yang besar terhadap Pak Muhidin atas keberaniannya untuk mengambil keputusan tersebut itu membutuhkan keberanian," ujarnya.
Bara meyakini apa yang dilakukan Muhidin tersebut penuh tanggung jawab. Menurut Bara, Muhidin diberikan kepercayaan langsung oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan untuk membesarkan partai berlambang matahari tersebut di Kalsel.
"Saya yakin itu beliau lakukan didasari penuh oleh kepentingan partai bahwa beliau diberikan tanggung jawab, diberikan misi oleh DPP oleh ketum langsung untuk bisa membesarkan PAN di Kalsel," jelasnya.
Untuk saat ini, kata Bara, partainya belum memutuskan apa pun terkait perbedaan sikap politik Muhidin dengan DPP PAN. Bara berharap Sekjen PAN akan mengumumkan keputusan DPP PAN dalam waktu dekat terkait keputusan Muhidin ini.
ADVERTISEMENT
"Masih dalam proses belum ada keputusan Final. mudah-mudahan satu dua hari ini nanti sekjen yang akan umumkan langsung keputusannya apa. Akan ada solusi yang pada akhirnya kita tetap menjaga kehormatan Pak Muhidin. Pak Muhidin tetap akan berada di PAN," jelasnya.
"Nanti kita lihat. Satu, dua hari ini akan ada pengumuman langsung," tutupnya
Sebelumnya, Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan Muhidin menyatakan dukungan pada Joko Widodo - Ma’ruf Amin di Pemilu 2019. Pernyataan dukungan ini langsung diteken oleh Muhidin, Ketua DPW PAN Kalsel di Hotel Rattan In, Kota Banjarmasin, Minggu malam (9/12). Keputusan ini disesalkan pengurus PAN Kalsel.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan