kumparan
13 Mei 2019 17:02 WIB

Permintaan Sewa Mobil untuk Mudik Meningkat 50 Persen

Kantor Eazy Rent di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/5). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Transportasi umum, baik bus, kereta atau pesawat, selalu disesaki penumpang yang ingin pulang ke kampung halaman saban lebaran tiba. Hal ini tentunya, membuat sebagian masyarakat memilih kendaraan pribadi untuk mudik. Bagi mereka yang tidak punya, jasa rental mobil akan menjadi pilihan yang diambil.
ADVERTISEMENT
Momen itu membuat permintaan sewa mobil naik, seperti yang terjadi di usaha rental Eazy Rent. Manajer Operasional Eazy Rent, Frankie Djiono, mengatakan, pemesanan mobil untuk mudik bahkan sudah terjadi sejak akhir April 2019.
“Kalau terhitung dari April mungkin ada sekitar 50 persen. Jumlah mobilnya saya belum dapat datanya, masih jalan terus, kan. Kurang lebih sampai sekarang ada sekitar 20, karena stok kami terbatas kan,” kata Frankie di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/5).
Manajer Operasional Eazy Rent, Frankie Djiono di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/5). Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Frankie mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat permintaan sewa mobil meningkat. Salah satunya, kenaikan tarif transportasi umum seperti pesawat.
“bisa jadi, ya, apalagi tol Transjawa juga sudah jadi, kan. Itu juga bisa jadi pengaruh, sih. Salah satu faktornya kenaikan tiket pesawat, terus fasilitas tol, kita di tol Transjawa juga sudah mulai bisa dipakai,” kata Frankie.
ADVERTISEMENT
Tingginya permintaan juga membuat harga sewa meningkat. Di tempatnya, harga sewa dinaikkan sekitar 50% dari harga normal.
“Itu per hari, katakanlah untuk mobil tipe Avanza itu sekitar Rp 350 ribu, jadi sekitar Rp 500 ribu per hari,” ungkap Frankie yang mengaku memberi paket sewa dalam tempo 7, 10 dan 14 hari.
com-Ilustrasi Menyewa Mobil Foto: Shutterstock
Sama dengan Eazy Rent, jasa sewa mobil Autonet Rent juga mengalami kenaikan permintaan untuk periode lebaran. Kenaikannya di kisaran yang sama dengan Eazy Rent.
“Ya, misalnya kalau sekarang itu, kan, kita sediain sekitar 30-40 unit untuk lebaran. Jadi sekitar itulah,” kata General Manager Autonet Rent, Rita Suraya.
Rita menyebut permintaan datang sebelum Ramadhan. Hal itu dikarenakan adanya diskon harga sewa untuk konsumen yang menyewa lebih awal.
ADVERTISEMENT
“Jadi nanti semakin dekat lebaran, diskonnya semakin berkurang. Jadi semakin tidak ada diskon. Makanya karena mereka minta diskon di awal, makanya mereka booking jauh-jauh hari. Jadi sebulan sebelumnya gitu,” kata Rita.
Berdasarkan pengalamannya, permintaan akan mencapai puncaknya sehari sebelum lebaran. Tahun lalu, Rita mengaku seluruh armadanya habis disewa.
“Setiap tahun, sih, pasti kalau lebaran, pasti banyak permintaan karena banyak yang mudik. Kan susah mobil kalau lebaran itu. Untuk liburan juga, kan banyak libur,” kata Rita.
Baik di Eazy Rent ataupun Autonet Rent, keduanya memiliki standar penyewaan hampir sama. Mereka akan melakukan survei kepada calon penyewa.
Bagi konsumen, diwajibkan untuk menyerahkan fotocopy KTP, Kartu Keluarga, SIM dan PBB rumah. Khusus di Autonet Rent, penyewa juga harus membayar uang deposito sebesar Rp 2 juta.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan