Pencarian populer

PKS Minta Pemerintah Tidak Berikan Visa Turis Bagi Warga Israel

Bintang Daud berwarna biru di bendera Israel. (Foto: Pixabay)

Isu pemerintah Indonesia mengabulkan visa turis bagi warga dari Israel terus bergulir. Anggota Komisi I dari Fraksi PKS, Sukamta meminta Pemerintah RI konsisten dengan kebijakan tidak memberikan visa pariwisata bagi warga Israel.

Ia mengingatkan, pada tahun 2015, Sekretaris Kabinet Pramono Anung pernah berkomitmen terhadap hal itu.

"Jika perlu kebijakan tersebut diperkuat dengan larangan total penerbitan visa dan bahkan transit perjalanan, sebagaimana juga dilakukan negara tetangga Brunei Darussalam dan beberapa negara lain," kata Sukamta dalam keterangannya, Sabtu (4/5).

Menurut Sukamta, pemerintah sebaiknya lebih berkonsentrasi membantu Palestina. Sebab, saat ini Palestina lah yang lebih membutuhkan dukungan kuat dari Indonesia dan seluruh dunia.

Tak hanya itu, Palestina juga sedang mengadapi tekanan berupa sikap Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang ngotot membuka kantor kedutaannya di Yerusalem. Karena itu, Sekretaris Fraksi PKS ini menyarankan pemerintah meninjau ulang berbagai kerja sama dan kemitraan yang dijalin dengan Israel.

"Dengan situasi seperti ini barangkali juga perlu ditinjau ulang hubungan dagang, pariwisata dan keamanan antara Indonesia dengan Israel, jika perlu dihentikan saja sebagai wujud dukungan yang lebih kuat untuk Kemerdekaan Palestina, toh potensi wisawatawan dari Israel juga sangat kecil," kata wakil rakyat asal Yogyakarta ini.

Sebelumnya, pengabulan visa turis bagi warga Israel ini mencuat setelah media Israel, Haaretz menuliskan laporan bahwa per 1 Mei, warga Israel dapat berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan visa pariwisata.

Kementerian Luar Negeri dan Direktorat Jenderal Imigrasi telah membantah laporan adanya visa turis untuk warga Israel. Berdasarkan peraturan imigrasi, warga Israel adalah harus memperoleh calling visa untuk masuk Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31