Pencarian populer

Ramainya Lebaran Betawi di Monas, Pengunjung Ikut Diajak Bernostalgia

Kelompok musik mementaskan Tanjidor saat Lebaran Betawi 2019 di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (20/7). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Acara Lebaran Betawi ke-12 yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta di Lapangan Monumen Nasional (Monas) berlangsung meriah. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak nampak memenuhi sekitar Monas untuk sekadar menghabiskan waktu libur akhir pekan mereka.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan di Silang Barat Monas, Lebaran Betawi hari kedua ini tak kalah ramai dari hari pembukaan, Jumat (19/7) kemarin. Berbagai hiburan disajikan, salah satunya pameran benda khas Betawi, mulai dalam bentuk miniatur rumah, gendang, ondel-ondel, hingga busana tradisional.
Para pengunjung sibuk berfoto bersama aneka benda pameran Lebaran Betawi, seperti ondel-ondel hingga Abang None Jakarta.
Sejumlah pengunjung berfoto di gelaran Lebaran Betawi 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (20/7). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Salah seorang pengunjung, Ramina, mengungkapkan sengaja datang ke acara ini sebagai momen melihat lagi arsitektur-arsitektur lama Betawi yang kini sudah mulai sulit ditemui.
“Saya melihat-lihat, ini kan rumah-rumah Betawi. Tadi keliling-keliling saya cuma melihat-lihat, sudah lama tidak ketemu yang beginian kan,” ucap Ramina, Sabtu (20/7).
Perempuan berusia 80 tahun asal Matraman itu mengaku puas dengan gelaran Lebaran Betawi, karena bisa melihat arsitektur Betawi yang sudah langka. Ia juga ikut bernostalgia mengingat kenangan-kenangan lamanya mengingat pemandangan Jakarta beberapa dekade silam.
Sejumlah pengunjung berfoto dengan panitia berbusana Betawi saat Lebaran Betawi di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (20/7). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Selain untuk bernostalgia, pengunjung lainnya sengaja datang ke Lebaran Betawi untuk bertamasya bersama keluarganya atau teman-temannya. Salah satunya Evri yang datang dengan rekan-rekan sebayanya.
ADVERTISEMENT
Meski tak begitu akrab dengan pemandangan Betawi di masa lalu, Evri tetap antusias berkeliling sambil sesekali berfoto dengan barang-barang khas Betawi yang dipamerkan.
“Seru, banyak tempat-tempat yang unik,” ucap Evri.
Suasana gelaran Lebaran Betawi 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (20/7). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Selain berbagai unsur kesenian Betawi, acara ini juga menyuguhkan beragam kuliner khas Betawi, seperti gado-gado betawi, kerak telor, kue rangi, hingga bir pletok. Namun, saat kumparan hendak mencoba beragam kuliner, panitia menginformasikan 1.200 kupon makanan yang disediakan telah habis sejak Sabtu siang.
Meski tak ada lagi makanan gratis, pengunjung tetap bisa menikmati kuliner dari stan-stan yang tersedia. Di panggung utama juga tersedia berbagai hiburan dan kesenian, seperti musik gambus, tanjidor, hingga lenong.
Sejumlah pengunjung menghadiri gelaran Lebaran Betawi 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (20/7). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Salah satu yang cukup menyita perhatian pengunjung adalah stan dari Kepulauan Seribu. Di anjungan rumah milik Kepulauan Seribu ditampilkan sebuah kapal, yang menjadi daya tarik pengunjung untuk berswafoto.
Suasana pagelaran Lebaran Betawi di Taman Silang Monas, Jakarta, Sabtu (20/7). Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan
Lebaran Betawi tahun ini mengusung tema 'Dengan Budaye, Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia'. Acara ini sudah berlangsung sejak Jumat (19/7) dan akan berakhir pada Minggu (21/7). Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga akan hadir pada hari penutupan. Pada hari puncak Minggu esok, akan ditampilkan parade karnawal kesenian Betawi.
ADVERTISEMENT
Bagi warga ang ingin datang hari ini, Anda masih bisa menikmati Lebaran Betawi hingga acara ditutup pada pukul 21.30 WIB nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80