Pencarian populer

Rumania Akan Pindahkan Kedubesnya di Israel ke Yerusalem

Perdana Menteri Rumania Viorica Dancila Foto: JOHN THYS / AFP

Perdana Menteri Rumania, Viorica Dancila, berjanji akan memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Dilansir AFP, Minggu (24/3), hal itu ia ucapkan di Washington, AS, pada Minggu (24/3) waktu setempat, sebelum dihelatnya konferensi tahunan American Israel Public Affairs Commitee (AIPAC), sebuah kelompok lobi berpengaruh yang bertujuan meningkatkan hubungan dekat antara Amerika Serikat dan Israel.

Keputusan Dancila ini menyusul kebijakan Presiden Trump yang telah memindahkan kedutaan besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Papan jalan Kedutaan Besar AS di Yerusalem. Foto: Reuters/Ronen Zvulun

Meski begitu, apa yang dilakukan Dancila dinilai bertentangan dengan sikap Presiden Rumania, Klaus Iohannis. Menurut Iohannis, apa yang akan dilakukan Dancila merupakan bentuk pelanggaran hukum internasional.

Iohannis mengatakan, bahwa dalam kasus apa pun, kebijakan Dancila tetap membutuhkan persetujuan presiden.

Namun Dancila mengaku akan tetap menjalankan kebijakannya tersebut.

"Saya sebagai Perdana Menteri Rumania, dan pemerintah yang saya kelola akan memindahkan kedutaan kami ke Yerusalem," ujar Dancila.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyambut baik keputusan Dancila.

"Saya mengucapkan selamat kepada teman saya, Perdana Menteri Rumania, Viorica Dancila, atas pengumumannya di AIPAC bahwa dia akan berusaha menyelesaikan prosedur yang diperlukan untuk membuka kedutaan Rumania di Yerusalem," kata Netanyahu.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto: REUTERS/Gali Tibbon

Sikap ini mengundang kecaman dari pejabat senior Palestina, Saeb Erekat. Ia menyebutnya sebagai pelanggaran secara nyata terhadap hak-hak Palestina, hukum internasional, dan resolusi PBB.

Dia meminta Uni Eropa untuk mengambil tindakan atas keputusan itu dan mengatakan masalah ini akan dibahas di Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23