kumparan
18 Agu 2019 6:23 WIB

Serba-serbi Perayaan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menurunkan bendera Merah Putih saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kemeriahan perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kembali tampak di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). Upacara HUT ke-74 RI yang dipimpin Presiden Jokowi dihadiri sejumlah tokoh, pejabat hingga masyarakat sipil.
ADVERTISEMENT
Para peserta upacara tampak hadir mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Mereka secara khidmat mengikuti jalannya upacara detik-detik Proklamasi.
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membawa bendera Merah Putih saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Tak hanya upacara pengibaran Sang Merah Putih, sejumlah atraksi turut ditampilkan untuk menyemarakkan momen setahun sekali tersebut. Mulai dari pesawat tempur flypass, marching band, tari-tarian, penampilan artis ibu kota, hingga parade kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia.
Akan tetapi, tak hanya itu saja. Ada momen lain yang melengkapi peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka:
1. Mobil Presiden Terdahulu Dipamerkan
Sejumlah barang bersejarah dipamerkan di halaman Kompleks Istana Kepresidenan. Seperti mobil kepresidenan yang dipakai almarhum Soeharto hingga BJ Habibie.
Mobil Presiden Soeharto dipamerkan di halaman Istana Kepresidenan. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Mobil Presiden Soeharto dipamerkan di halaman Istana Kepresidenan. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Mobil yang dipamerkan salah satunya Cadilac dengan tipe Fleetwood. Mobil ini juga menjadi bukti sejarah, sebab kerap dipakai untuk menyerahkan surat kepercayaan dari negara sahabat kepada pemerintah Indonesia.
ADVERTISEMENT
2. Jan Ethes Ikut Sambut AHY
Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes Srinarendra, kembali menyita perhatian masyarakat. Saat menghadiri upacara, Jan Ethes mengenakan baju adat Bali berwarna kuning cerah.
Agus Harimurti Yudhoyono dan Anissa Pohan menyapa cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes saat tiba di Istana Merdeka. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes di Istana Merdeka. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Ia tampak kompak dengan Jokowi dan ayah Jan Ethes, Gibran Rakabuming Raka, yang juga mengenakan baju adat Bali. Bersama Jokowi dan Gibran, Jan Ethes terlihat menyambut kedatangan sejumlah tokoh. Ia juga beberapa kali melambaikan tangan ke awak media.
Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes di Istana Merdeka. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Agus Harimurti Yudhoyono dan Anissa Pohan menyapa cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes saat tiba di Istana Merdeka. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Dalam kesempatan ini, Jan Ethes juga menyambut kedatangan Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istri, Annisa Pohan, yang mengenakan baju adat Sumatera Barat.
Terlihat AHY sempat memberikan salam hormat kepada Jokowi. Jan Ethes pun terlihat bersemangat menyalami AHY dan Annisa.
3. SBY Tak Hadir karena Dampingi Ibunya
ADVERTISEMENT
Sejumlah tokoh seperti Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri hingga Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno turut menghadiri upacara HUT ke-74 RI.
Sayangnya, momentum setahun sekali tersebut tak dihadiri oleh Presiden RI ke-6 yang juga Ketum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Padahal pada tahun 2017, SBY menghadiri upacara di Istana.
Agus Harimurti Yudhoyono memberi hormat kepada Presiden Joko Widodo saat tiba di Istana Merdeka. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
AHY lalu menjelaskan alasan ayahnya tak hadir. "Pak SBY saat ini sedang mendampingi ibundanya, eyang kami, yang masih berada di ICU, di rumah sakit, di wilayah Cibubur, karena memang kondisinya yang cukup kritis. Tapi mohon doanya semoga bisa lebih stabil dan kemudian bisa lebih sehat lagi," kata AHY di lokasi.
4. Piut WR Supratman Turut Menyanyi
Andrea Putri Turk, penyanyi yang membawakan lagu 'Tanah Airku' pada HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, ternyata mencuri perhatian warga di media sosial. Cicit perempuan buyut dari W.R Supratman ini memiliki suara merdu yang membuat decak kagum para undangan yang mendengarnya.
Andrea Turk Foto: Instagram/ @andreapturk
Andrea Turk Foto: Instagram/ @andreapturk
"Saya merasa menjadi bagian yang besar yaitu hari kemerdekaan Indonesia. Dan karena saya juga keturunan dari keluarganya WR Supratman, jadi saya bangga saya bisa meneruskan legacy itu di keluarga," tutur Andrea saat dihubungi kumparan.
ADVERTISEMENT
5. Istri Menhan Menang Baju Adat Terbaik
Upacara HUT ke-74 RI di Istana Merdeka juga diwarnai dengan pemberian hadiah sepeda oleh Presiden Jokowi kepada tamu undangan yang memenangkan baju adat terbaik.
Pengumuman pemenang dibacakan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hasilnya, salah satu dari 3 pemenang tersebut yaitu istri Menhan Ryamizard Ryacudu, Nora Tristyana, yang mengenakan pakaian adat Lampung.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memberi hadiah sepeda kepada Istri Menhan Ryamizard Ryacudu, Nora Tristyana (kanan) di Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). Foto: ANTARAFOTO/Wahyu Putro
"Saya diminta untuk mengumumkan hasil penilaian juri, siapa pemenang yang memakai pakaian nasional terbaik dan tentu mendapat hadiah, hadiahnya sepeda merah putih," kata JK.
Sementara, pemenang lainnya yaitu tamu undangan yang memakai baju daerah Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur. Ketiganya menerima hadiah sepeda secara langsung dari Jokowi.
"Juara ketiga, ibu Nora Tristiana, Lampung, kedua, Pak Haji Bahrul, baju daerah Kalimantan, dan pemenang pertama yang terbaik memakai baju daerah, Ibu Khalida, baju daerah NTT," jelasnya.
ADVERTISEMENT
6. Anggota Paskibraka Dapat Hadiah Sepeda
Tak hanya saat upacara, Jokowi juga memberikan hadiah sepeda saat acara malam silaturahmi dengan para anggota Paskibraka. Jokowi kali ini memberi sepeda kepada salah satu anggota Paskibraka, Rangga Wirabrata Mahardika.
Awalnya, Jokowi memanggil Rangga ke panggung di Istana Negara. Jokowi mengetahui Rangga setelah melihatnya gugup saat upacara.
Rangga (kanan) anggota Paskibraka yang terima hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
"Saya undang ini sajalah. Tadi pagi saya lihat, 'oh tadi sore'. Saya melihat yang mengerek bendera. Kalau enggak sore, pagi, ya? Pagi atau sore? Pagi ya, pagi. Yang ngerek bendera ada yang namanya Rangga? Rangga," panggil Jokowi.
Rangga (kiri) anggota Paskibraka yang terima hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Rangga kemudian naik ke atas panggung. Jokowi lantas menanyakan alasan Rangga terlihat gugup. Hingga pada akhirnya Jokowi mendapat jawaban dari Rangga dan memberinya sepeda.
ADVERTISEMENT
"Ya sudah, makasih. Mungkin ada beban apa gitu. Apa ingat pacar di rumah sehingga gugup. Ya, sudah, makasih. Ada? (sepeda). Ya, ya, Rangga saya beri sepeda. Diambil saja," ujarnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·