• 1

Sosok Bupati Tasikmalaya yang Jadi Cawagub Ridwan Kamil

Sosok Bupati Tasikmalaya yang Jadi Cawagub Ridwan Kamil


Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Facebook Uu Ruzhanul Ulum)
PPP menyodorkan nama Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, sebagai calon wakil gubernur untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018. Uu adalah syarat dari PPP jika Ridwan Kamil ingin diusung. Bagaimana profil Uu?
Uu adalah poliltikus PPP lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 10 Mei 1969 atau kini berusia 48 tahun. Dalam riwayat pendidikan, Uu bersekolah di SD MI Al-Khrairyah Manonjaya (1982), SMP Negeri Manonjaya (1985), SMA Pasundan Tasikmlaya (1988), dan Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi (1997).
Karier politiknya dimulai dengan menjadi pengurus Ranting PAC PPP Desa Kalimanggis (1987-1993), Pengurus Harian DPC PPP Tasikmalaya (1997-2010), Pengurus Harian DPW PPP Jawa Barat (2011-sekarang). Sementara jabatan politik dimulai sebagai Anggota DPRD Tasikmalaya (1999-2014), Ketua DPRD Tasikmalaya (2004-2009), dan Anggota DPRD Tasikmalaya (2009-2011).
Uu menjabat Bupati Tasikmalaya sejak tahun 2011 bersama wakilnya Ade Sugianto. Saat itu, pasangan yang diusung PPP, PDIP dan PAN ini berhasil menang dengan perolehan suara sebesar 249.199 suara atau 32,37 persen mengalahkan 7 pasangan lainnya.
Setelah 5 tahun menjabat, pasangan ini maju lagi sebagai Bupati Tasikmalaya untuk periode kedua, 2016-2021, diusung PDIP, Golkar, PAN, PKS, dan Partai Nasdem. Namun, ternyata tidak ada pasangan calon lain yang mendaftar. KPU Kab. Tasik sudah beberapa kali memperpanjang pendaftaran, namun tak kunjung ada lawan untuk Uu-Ade.
Akhirnya, berkat Peraturan KPU, Uu-Ade tetap diikutkan Pilkada sebagai pasangan calon tunggal. Mekanisme di TPS adalah masyarakat memberikan suara setuju dan tidak setuju. Hasilnya, mayoritas menyatakan setuju Uu-Ade memimpin lagi, yaitu sebanyak 500.908 suara atau 67, 35%.

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Facebook Uu Ruzhanul Ulum)
Apa prestasinya sebagai Bupati Tasikmalaya?
Sepak terjang Uu sebagai Bupati dan kehidupan pribadinya bisa ditelusuri salah satunya dari akun media sosial. Uu punya Fan Page Facebook Kang Uu Ruzahanul Ulum (@JabarBersyukur) dengan 62,924 followers. Politikus yang menyebut dirinya santri itu juga punya akun Instagram @uu_ruzhanul_ulum dengan 1.278 followers.
Uu punya website http://uuruzhan.com/ yang salah satunya menuliskan seabrek prestasi memimpin Tasikmalaya. Namun, prestasi yang skalanya nasional hanya beberapa yang bisa dilihat. Di antaranya, penghargaan atas menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan tahun 2015 dengan Capaian Standar Tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan Keuangan Pemerintah dari Menteri Keuangan RI (2016).
Tahun 2017 mendapat Anugerah Literasi Program Prioritas dari Kemendikbud RI, dan terakhir tahun 2017 Uu sebagai bupati menerima Penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI yang dianggap berjasa bagi negara dalam bidang pertanian.
Uu rupanya sudah sejak lama ingin menjadi gubernur Jawa Barat lewat Pilgub 2018. Bahkan, sesaat setelah dilantik menjadi Bupati Tasikmalaya pada Rabu, 23 Maret 2016 lalu, Uu langsung menemui pendukungnya dan dideklarasikan sebagai calon gubernur Jabar saat itu.
Dalam Fan Page Facebook dan websitenya itu, Uu sudah gembar-gembor akan menjadi gubernur Jabar dengan tagline 'Jabar Bersyukur'. Lalu bagaimana respons warga Tasik? Dapat dilihat pada komentar-komentar di akun media sosialnya.
Tapi Uu akhirnya hanya disiapkan partainya untuk menjadi calon wakil gubernur mendampingi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Meski sama-sama sebagai kepala daerah di Jawa Barat, tapi prestasi dan terobosan antar keduanya bisa dibandingkan.
PPP berani menyodorkan cawagub karena punya kursi paling banyak yaitu 9 kursi, partai pendukung Emil lain yaitu PKB hanya 7 kursi dan Nasdem 5 kursi. Namun PKB menolak nama Uu. Bupati Tasik itu juga belum final sebagai cawagub jika Golkar resmi mendukung Ridwan Kamil. Pasalnya, Golkar sudah yang punya 17 kursi sudah punya nama cawagub.


NewsPolitikRidwan KamilPilgub Jabar 2018

presentation
500

Baca Lainnya