Pencarian populer

Tentang Kandungan Mineral dalam Air Minum Kemasan

Pabrik AQUA (Foto: Ridho Robby/kumparan)

Kita tahu bahwa hampir sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Cairan tersebut akan semakin berkurang jika setiap harinya kita melakukan aktivitas yang berlebihan.

Cara yang dilakukan untuk mengembalikan cairan dalam tubuh kita tentunya dengan meminum air putih yang banyak. Air putih dengan berbagai kandungan mineralnya juga berfungsi sebagai obat alami penghilang racun dalam tubuh kita.

Lantas, sebenarnya apa saja kandungan mineral yang terdapat pada air putih yang sering kita konsumsi sehari-hari dan apa manfaatnya bagi tubuh kita? AQUA selaku platform penyedia air kemasan memberikan penjelasan soal kandungan mineral dalam air kemasan.


Video

Quality Manager PT Investama Plant Cianjur atau Pabrik AQUA Cianjur, Metty Lasmayanty, mengatakan AQUA selalu memperhatikan setiap kandungan mineral yang ada di dalam air kemasannya. Ini artinya, AQUA selalu mengedepankan kepentingan kesehatan konsumennya dengan tetap menjaga kualitas produknya.

“AQUA selalu menjaga kualitas produknya, menjaga setiap kandungan mineral yang ada pada AQUA. Ini merupakan komitmen kami untuk mengedepankan kepentingan konsumen dengan menjaga kesehatan mereka,” ujar Metty, di Pabrik AQUA Cianjur, Kabupaten Cianjung, Jawa Barat, Selasa (17/10).

Alat pengukur kandungan mineral (Foto: Ridho Robby/kumparan)

Metty menjelaskan bahwa air AQUA selama ini memiliki kandungan mineral yang didapatkan secara langsung dari alam. Sehingga mineral dalam air AQUA merupakan mineral alami, seperti natrium, kalium, florida, kalsium, dan magnesium.


“Jenis-jenis kandungan mineral alami yang ada di produk AQUA pertama ada natrium, ada kalium, florida, kalsium, dan magnesium,” terang Metty.


Fungsi dari beberapa mineral dalam air AQUA tersebut tentu sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja¸florida yang berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi, kalium yang berfungsi untuk menjaga sistem saraf dan otot, natrium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan kalsium serta magnesium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Saat ini memang banyak beredar air kemasan oplosan. Kita tak mengetahui secara pasti bagaimana proses produksi air oplosan tersebut dan apakah kandungan mineralnya sesuai dengan yang tercantum dalam kemasan atau tidak.

Lalu, bagaimana membedakannya? Salah satu indikatornya lewat keaslian produk yang bisa dicek lewat tutup botol.

Pabrik AQUA (Foto: Ridho Robby/kumparan)

Ketika berbicang-bincang dengan kumparan (kumparan.com), Metty memberikan tips cara membedakan air AQUA asli dengan air AQUA oplosan. Cara yang mudah dan dapat dilakukan adalah dengan melakukan pencocokan kode produksi pada tutup botol AQUA dengan badan botol.


“Untuk secara fisik melalui kemasan kita bisa dengan mudah melihat perbedaannya dari kode produksinya kita disitu ada secure-nya, ada kode produksi di tutup botolnya dan di bodi botolnya. Nah ini perlu dicocokkan apakah sama atau tidak. Jadi secara fisik kemasan kita bisa melihat melalui itu,” ungkap Metty.


Sedangkan untuk perbedaan kandungan mineral yang terdapat pada air AQUA asli dan oplosan Metty mengatakan perlu adanya pengecekan secara pasti di laboratorium terlebih dahulu.

Namun sejauh ini, Metty mengatakan air AQUA asli mengandung mineral alami dari air pegunungan, tanpa adanya proses penambahan dan pengurangan kandung mineral.

“Kalau ditanyakan terkait dengan air oplosan, mata air kami mengandung mineral yang secara alami ada di air pegunungan. Cara membedakannya dengan AQUA oplosan kita bisa cek di laboratorium terkait dengan mineralnya untuk membedakan apakah mineral yang saya sebutkan tadi ada atau tidak dengan air oplosan,” beber Metty.

pabrik AQUA (Foto: Ridho Robby/kumparan)

Selain itu, Metty juga mengingatkan agar masyarakat jangan sembarangan dalam mengonsumsi air kemasan oplosan. Pasalnya kandungan mineral air oplosan terkadang tak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.


Metty mengungkapkan tubuh manusia akan mengalami kekurangan mineral, jika mengonsumsi air oplosan, tidak jelas kadar kandungannya. Bisa jadi sangat rendah, bisa jadi sangat tinggi. Kandungan mineral yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, sama-sama berisiko pada kesehatan.

Sejauh ini, AQUA menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terbaru tahun 2015 yang telah ditentukan oleh Badan Standarisasi Nasional. Jadi boleh dikatakan kandungan mineral air AQUA telah terukur secara pasti dan cermat.


“Untuk AQUA sendiri mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI) AMDK sudah diupdate standar terbaru tahun 2015. Kita mengikuti standar maksimal yang diperbolehkan untuk kangdungan mineralnya,” terangnya.

Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61