kumparan
8 Jan 2019 18:43 WIB

Transjakarta Mulai Kaji Pengoperasian Bus Listrik di Jakarta

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono (kanan). (Foto: Moh Fajri/kumparan)
Pemprov DKI Jakarta sedang mengakaji kemungkinan mengoperasikan bus listrik. Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono mengungkapkan bus listrik dianggap bisa membuat Jakarta ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
Hal itu, kata Agung, juga sesuai dengan keinginan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
“Utamanya dari bahan bakar. Karena di dunia ini sekarang menuju kepada kendaraan listrik. Jadi visi Pak Gubernur minta bahwa kami bisa ke sana,” kata Agung di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa, (8/1).
Untuk itu, Agung menjelaskan, saat ini Transjakarta akan mulai mencoba kendaraan listrik di Jakarta. Transjakarta akan berkoordinasi dengan United Nation Enviromental Program (UNEP) untuk persiapan dan operasionalnya.
“Kami mencoba mengubahnya. Tapi kalau seluruhnya ada roadmap-nya itu dari UNEP. Tapi kalau Transjakarta itu dilihat dulu bisa enggak,” ujar Agung.
Bus Listrik Mobil Anak Bangsa (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
Lebih lanjut, Agung memastikan pihaknya akan menyiapkan berbagai hal yang diperlukan dalam pelaksanaannya. Agung berharap rencana tersebut bisa berjalan pada 2019.
ADVERTISEMENT
“Kami masih diminta pelajari tapi kita targetkan di tahun ini bisa tercapai,” tutur Agung.
Rencana pengoperasian bus listrik di Jakarta sebenarnya sudah pernah ada pada 2018 khususnya sebelum pagelaran Asian Games 2018. Bahkan, Presiden Joko Widodo pernah menyinggungnya di depan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengenai fenomena bus listrik di sejumlah negara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan