Pencarian populer

Traveling Antisusah ala Dokter Rima dengan Aplikasi Pemesanan Tiket

Ita Rima, pemenang hadiah ke Rusia dari Traveloka (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Traveling adalah obat dari segala penat yang hinggap pada sosok Ita Rima Rahmawati (42). Dokter asal Salatiga itu kerap berjalan-jalan menembus alam di sekitaran Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bila ada waktu lebih panjang, terkadang dia berplesir lebih jauh, ke luar pulau atau juga ke luar negeri.

Sebagai seorang traveler, tentu Rima membutuhkan tiket untuk sampai ke tempat tujuan. Sebelum tahun 2012, dia membeli tiket-tiket tersebut kepada agen travel.

“Tapi kan kita enggak bisa lihat sendiri berapa sih harganya, berapa yang murah. Enggak enak kalau sering tanya-tanya,” cerita Rima kepada kumparan, Kamis (12/7).

Jemarinya pun mulai mencari tiket di tombol keyboard komputernya. Dari situlah muncul situs web penjual tiket yang menurut dokter spesialis radiologi itu cukup murah.

“Dengan budget minimal saya gimana kita bisa pergi sama seperti yang hobi traveling jauh-jauh,” kenang Rima akan pengalaman pertamanya itu. Maklum, tahun 2012 Rima masih menjadi dokter umum, belum spesialis.

Ita Rima, pemenang hadiah ke Rusia dari Traveloka (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Rima pun menemukan situs web bernama Traveloka di baris ketiga pencarian. Dari ragam situs yang muncul, menurutnya situs web itu menawarkan harga paling miring dan praktis dari segi pembayaran. Pada saat itu, platform yang menghadirkan opsi transfer masih belum banyak.

“Pertama mungkin iya poin pertama (harga) dan nggak bikin ribet. Waktu itu pakai transfer aja,” ucap Rima.

Rima lalu coba-coba untuk memesan tiket melalui situs web penjualan tiket online yang belum populer di Indonesia kala itu. Bila nantinya tertipu, Rima sudah mengikhlaskannya.

“Kalau ketipu ya sudah sekali saja. Karena responnya baik yah ya sudah,” ucap Rima.

Respons yang baik kemudian mengantarkan Rima untuk berpergian pertama kali dengan Traveloka. Dia sedikit lupa ke mana dia pergi enam tahun lalu, antara Pekanbaru dan Bengkulu.

Pengalaman pertama Rima itu ternyata meninggalkan kenangan tersendiri baginya. Kenangan yang membuatnya mengubah pola traveling ke depannya.

“Praktis, kita enggak perlu repot-repot datang ke travel kita langsung bisa dapat booking. Jadinya langsung, kita nunjukin kode booking saja sudah langsung,” papar Rima.

Setelah itu, setiap traveling Rima selalu mantap menggunakan aplikasi Traveloka. Cerita-cerita akan kemudahan itu lantas sering dia perdengarkan pada teman kerjanya di rumah sakit.

“Kadang teman-teman nyariin tiket pakai aplikasi saya,” pungkas Rima sembari melempar senyum.

Ibu Ita Rima (tengah) bersama Ferry Unardi, CEO & Co Founder, Albert Zhang, Head of Design & Co-Founder, dan tim Traveloka. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)

Tak disangka-sangka ternyata pengalaman pertamanya itu menghasilkan kejutan rezeki. Sebagai pelanggan pertama Traveloka, Rima terpilih untuk terbang ke Rusia dan menonton langsung laga final Piala Dunia 2018 antara Prancis Vs Kroasia di Moskow, Rusia. Kini Rima sedang bersiap untuk terbang ke Moskow.

Ferry Unardi, CEO & Co-founder Traveloka, menjelaskan bahwa hadiah terbang ke Rusia dan menonton laga final Piala Dunia 2018 merupakan bentuk penghargaan Traveloka untuk Rima sebagai pengguna pertamanya.

“Kami memilih momen ini karena bertepatan dengan momen akbar tahun ini di mana kami juga berpartisipasi di helatan Piala Dunia 2018. Bagi kami, pengguna adalah prioritas utama dan kami selalu hadir untuk memberikan yang terbaik kepada pengguna kami. Ibu Rima membuktikan loyalitasnya menjadi pelanggan kami dari awal sampai sekarang sehingga kehadiran Ibu Rima sangat kami hargai, dan menjadi salah satu pemacu kami untuk terus menempatkan pengguna sebagai prioritas utama kami," jelas Ferry.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31