Pencarian populer

1,5 Juta Motor Yamaha Buatan Indonesia Terjual di 45 Negara

Presiden Jokowi hadiri seremoni 1,5 juta unit ekspor Yamaha Indonesia di Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (3/12). (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) gelar seremoni ekspor 1,5 juta unit di fasilitas produksi Pulo Gadung, Senin (3/12). Angka tersebut diperoleh sejak melakukan ekspor perdana pada 1997.

Selain mengirimkan secara utuh, Yamaha juga mencatatkan ekspor komponen secara terurai sebanyak 5,3 juta set pada periode yang sama. Presiden Joko Widodo mengapresiasi prestasi Yamaha Indonesia, yang membukukan surplus perdagangan sebesar 813,6 juta dolar Amerika, atau setara Rp 11,8 triliun.

“Impor lebih besar dari ekspor, ini yang sedang kita atasi. Saya senang hadir di sini karena tahun 2014, produksi ekspor Yamaha saat itu 23 ribu motor sekarang sudah 338.000 unit,” ujar Jokowi. Ekspor motor Yamaha terus menunjukkan tren peningkatan sejak 4 tahun terakhir, atau naik 14,7 kali lipat bila dibandingkan pada tahun 2014.

Yamaha Lexi (Foto: dok. PT YIMM)

Kandungan dalam negeri motor-motor Yamaha juga ikut ditingkatkan hingga 94 persen. Menariknya lagi, angka tersebut membawa YIMM menjadi anggota Yamaha Group, sebagai eksportir terbesar di dunia dan di Indonesia.

“Oleh sebab itu saya hargai upaya yang dilakukan Yamaha Indonesia ini, kalau produksi dalam negerinya saat ini 75 persen dan 25 persen untuk ekspor, ya lima tahun lagi dibalik,” kata Jokowi seraya menantang Yamaha meningkatkan ekspor.

Tujuan ekspornya sendiri mencapai 45 negara, termasuk Filipina, Thailand, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Turki, Jerman, Prancis, United Kingdom, Itali, Rusia, Kanada, Kolombia, USA, Argentina, Meksiko, Australia, dan lainnya.

Motor baru, all new Yamaha R25 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)

Model yang diekspor secara utuh di antaranya Yamaha XMAX, Nmax, Lexi, Aerox, R3, R25, MT03, MT25, R15, MX-King dan beberapa model lainnya.

“Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standar kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global,” ucap Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT YIMM.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: