• 2

4 Perawatan Sederhana yang Bikin Awet Mobil Matik

4 Perawatan Sederhana yang Bikin Awet Mobil Matik


com-Perawatan Mobil Matik

com-Perawatan Mobil Matik (Foto: Thinkstock)
Masyarakat yang bermobilitas di perkotaan khususnya, mulai menyadari bahwa mobil matik memiliki banyak keuntungannya. Wajar, bila mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matik sudah banyak digunakan masyarakat perkotaan.
Selain memberikan kemudahan, transmisi matik juga memberikan kenyamanan bagi pengemudinya saat berkendara di jalanan padat atau macet parah. Dibanding mobil dengan transmisi manual, mobil matik membuat kamu lebih rileks dan tidak merasa kecapaian.
Sayangnya di balik semua kemudahan dan kenyamanan yang diberikan, mobil matik ternyata mempunyai kelemahan terhadap mesin bila tidak dirawat dengan saksama. Terlebih kondisi jalanan di perkotaan saat ini sudah padat, maka kondisi mobil harus terus terjaga agar mobil tetap dalam kondisi terbaik.
Berikut kumparan (kumparan.com) berikan beberapa saran yang bisa kamu coba supaya mobil matik kesayangmu tetap awet.
Cek Kondisi Transmisi (Persneling) Secara Berkala

com-Cek Kondisi Transmisi

com-Cek Kondisi Transmisi (Foto: Thinkstock)
Ibarat jantung pada manusia, transmisi pada mobil matik memiliki peran penting dan merupakan bagian vital. Untuk mengecek kondisi transmisi, cobalah untuk melakukan uji jalan. Jika kamu merasakan getaran saat perpindahan persneling, kemungkinan besar mobil matikmu mengalami masalah pada bagian transmisi. Servislah secara berkala sesuai petunjuk dealer resmi untuk menghindari kerusakan bagian transmisi.
Rajin Cek Oli

com-Castrol MAGNATEC STOP-START

com-Castrol MAGNATEC STOP-START (Foto: Thinkstock)
Saking sederhananya, mengecek oli terkadang luput dari perhatian. Padahal melakukan ganti oli secara berkala dapat menjaga mobil tetap dalam kondisi terbaik. Selain itu, regular servis saja belum cukup untuk membuat performa mobil kembali semua.
Apalagi kondisi perjalanan yang padat dan macet membuat mesin mobil bekerja lebih berat, sehingga keausan mesin terjadi lebih tinggi. Maka itu, kamu harus memberikan jenis pelumas yang sesuai dengan kondisi perjalanan dan jenis mesin mobil.
Pilihlah pelumas yang tepat untuk semua kondisi perjalanan seperti Castrol MAGNATEC STOP-START. Castrol MAGNATEC STOP-START dirancang secara khusus untuk menjawab tantangan berkendara ibu kota saat ini, spesifikasi Castrol MAGNATEC STOP-START pun sudah sesuai dengan mesin teknologi saat ini, yang direkomendasikan dari pabrikan mobil saat ini.
Castrol MAGNATEC STOP-START memiliki molekul pintar yang menempel dan membentuk lapisan self-healing. Pelumas ini dapat memperbaiki dengan sendirinya terhadap sistem perlindungan ekstra mesin. Castrol MAGNATEC STOP-START terbukti memberikan perlindungan mesin 20% lebih baik pada kondisi berkendara. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.
Meski Tidak Digunakan, Panaskan Mobil Setiap Hari

com-Panaskan Mobil Tiap Hari

com-Panaskan Mobil Tiap Hari (Foto: Thinkstock)
Selain berguna untuk mesin, memanaskan mobil juga bermanfaat untuk aki mobil. Memanaskan mesin mobil sangatlah penting untuk mencegah mobil mogok. Nyalakan mesin mobil di pagi hari dengan kondisi persneling atau transmisi mobil matik berada di posisi N.
Gunakan Posisi Persneling yang Sesuai

Mobil Matic

Tuas Transmisi Mobil Matic (Foto: Dok. Toyota Astra Motor )
Hindari penggunaan persneling posisi P jika mobil matik belum benar-benar berhenti. Selain itu, hindari juga persneling pada posisi N saat mobil sedang di parkir. Sebaiknya kamu menggunakan transmisi pada posisi P ketika parkir. Hati-hati saat menjalankan mobil matik, sebab salah menerapkan posisi persneling dapat merusak kondisi transmisi mobil matikmu.
Selain melakukan perawatan rutin secara berkala di bengkel, empat cara sederhana ini juga dibutuhkan untuk membantu menjaga keawetan mobil matikmu. Mudah, bukan?



Mobil MaticOtomotifTips

presentation
500

Baca Lainnya