Pencarian populer

5 Motor Bekas Paling Dilirik, Semuanya Motor Matik

Motor bekas (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan)

Motor bekas jadi pilihan bagi konsumen dengan kocek pas-pasan. Lagipula, motor bekas bukan berarti jauh dari kualitas, asalkan kamu pintar memilihnya.

Pemilik showroom mobil dan motor bekas Dwi Jaya Motor, Dwi Yusputra, memaparkan sejauh ini motor matik besutan Honda masih mendominasi di pasar motor bekas. “Rasanya ini sulit berubah ya pasti, Honda ini jelas masih mendominasi,” tuturnya saat dihubungi kumparanOTO, Jumat (2/3).

Adapun, Dwi menyebutkan ada lima motor yang punya banyak idola di pasar motor bekas. Tanpa panjang lebar, yuk simak daftarnya!

1. Honda Beat eSP

Tidak aneh rasanya mendengar nama Honda Beat muncul di posisi pertama. Pun sama dengan kondisi baru yang angka penjualannya menjulang, ternyata dalam kondisi bekas pun, motor ‘sejuta umat’ ini masih banyak yang mengidolakan.

Mengacu data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada Januari 2018 angka distribusi Honda BeAT eSP tembus di angka 137.768 unit. Belum ada yang berani menggeser posisinya sebagai motor terlaris hingga saat ini.

Honda BeAT (Foto: Dok. AHM)

“Honda Beat ini, yang baru banyak cari (showroom milik Dwi juga menjual motor baru), yang bekasnya apalagi,” ujar Dwi.

Berdasarkan keterangan Dwi, untuk motor bekas Honda BeAT sendiri tipe varian eSP CW lah yang paling banyak dicari dibanding varian Street atau Pop. Dan mayoritas dari konsumen banyak mencari Honda BeAT tahun-tahun baru seperti, lansiran tahun 2016-2017.

Dwi sendiri meniagakan Honda BeAT eSP bekas di showroom miliknya berkisar Rp 10 – 11.5 juta, yang mana harga baru untuk Honda BeAT eSP CW sekitar Rp 15,175,000.

2. Honda Scoopy

Posisi runner up, masih dari motor besutan PT Astra Honda Motor (AHM), Scoopy.

Dwi memaparkan pasar Honda Scoopy lebih luas dibandingkan. Beda dengan konsumen Honda BeAT yang umumnya mencari tahun muda, Honda Scoopy lain cerita. Motor keluaran lama pun masih dicari dengan alasan sebagai bahan modifikasi.

Soal harga, Honda Scoppy bekas dilego Rp 14-15,5 juta (tergantung tahun dan kilometernya). Sebagai perbandingan, harga baru Honda Scoopy dipatok Rp 17,8 juta dengan status OTR Jakarta.

3. Honda Vario 125 eSP

Lagi-lagi masih ada Honda di sini. DI posisi ini ada Honda Vario. Berdasarkan keterangan dari sang pemilik showroom, tipe terlaris untuk unit Vario adalah Vario 125 eSP.

Menyoal harganya, Dwi memaparkan untuk Vario tahun 2015-2016 dilego dengan harga mulai dari Rp 13-14 juta. Di sisi lain, versi baru dari Honda Vario 125 eSP diniagakan AHM seharga Rp 18,175,000 dengan status OTR Jakarta.

4. Yamaha Mio M3

Kali ini nama motor matik Yamaha akhirnya muncul melalui Yamaha Mio. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2003, Yamaha Mio menjadi salah satu pionir keberadaan motor matik di Indonesia. Namun sayangnya, setelah kehadiran BeAT, kondisi seolah langsung berubah. Popularitas Mio digeser oleh si pendatang baru milik Honda itu.

Sudah bukan rahasia jika Yamaha Mio menjadi musuh bebuyutannya Honda BeAT. Tidak hanya dalam kondisi baru, dalam pasar motor bekas tetap begitu. Sama seperti Honda Beat, Yamaha Mio juga masuk menjadi daftar motor bekas yang paling banyak dicari di pasaran.

"Tipe yang paling banyak dicari itu tipe Yamaha Mio M3 yang CW (velg racing). Untuk harganya sendiri, Mio M3 keluaran tahun 2015-2016 itu saya jual sekitar Rp 9-10 juta ”ungkap Dwi.

Mengacu ke harga barunya, Yamaha Mio M3 dibanderol Rp 15,3 juta (OTR Jakarta).

5. Yamaha NMax

Sejak diluncurkan tahun 2015, NMax seolah langsung menjadi idola. Saking larisnya, calon konsumen harus rela menunggu paling tidak 2-3 bulan untuk mendapat unit NMax.

“NMax ini peminat sekennya luar biasa. Harga sekennya paling beda sekitar 2 juta dari harga baru. Untuk NMax non ABS itu sekitar Rp 21-22 juta. Kalau yang ABS sih paling Rp 24-25 juta,” ujar Dwi.

com-Yamaha NMAX (Foto: Yamaha Indonesia)

Skutik bongsor besutan Yamaha ini diniagakan sebesar Rp 26,3 juta untuk yang non ABS dan Rp 30,2 juta untuk yang disematkan dengan fitur ABS dengan status OTR jakarta.

*Semua harga motor bekas di atas tidak mengikat, dan tergantung pada tahun dan kondisi motor pada saat dijual.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: