kumparan
23 Jan 2019 20:29 WIB

7 Fakta Wuling Almaz, SUV 1,5 Liter Turbo

Wuling Almaz (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Setelah dipamerkan di Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2018. Wuling akhirnya merilis produk sport utility vehicle (SUV) Almaz di Aston Sentul Lake Resort & Conference Center, Sentul, Bogor, Rabu (23/1).
ADVERTISEMENT
Wuling Almaz bisa dibilang menjadi dobrakan baru pabrikan asal China tersebut. Mobil ini punya bekal yang cukup menjanjikan seperti fitur yang melimpah, meskipun harganya masih rahasia.
Mengusung mesin 1,5 liter turbo, bukan tidak mungkin kalau Wuling Almaz ini bisa menarik konsumen Honda CR-V 1,5 liter turbo. Nah, berdasarkan informasi yang dihimpun dalam acara perkenalan hari ini, kumparanOTO pun merangkum 7 fakta untuk mengetahui seluk beluk Wuling Almaz.
SUV Wuling Almaz resmi mengaspal di Indonesia, tantang CR-V, Pajero Sport dan Fortuner. (Foto: Aditya Pratama Niagara / kumparanOTO)
Arti “Almaz”
Almaz sendiri seperti diungkapkan Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, bermakna makna diamond dan berlian. Kata tersebut berasal dari bahasa Bahasa Arab, yang bila dilihat, punya filosofis sebagai sesuatu yang indah dan stylist.
“Berlian juga merupakan batu yang kuat dan berharga, dari filosofi ini kami namakan Wuling SUV ini Almaz,” kata Dian.
ADVERTISEMENT
Beda dengan data GIIAS
Model Almaz yang resmi diperkenalkan saat ini, ternyata memiliki perbedaan dengan SUV Wuling versi pameran GIIAS 2018 lalu, khususnya soal performa mesinnya.
SUV Wuling Almaz resmi mengaspal di Indonesia, tantang CR-V, Pajero Sport dan Fortuner. (Foto: Aditya Pratama Niagara / kumparanOTO)
Mengemas mesin 1.500 cc turbocharger, Almaz yang akhirnya bakal dipasarkan di Indonesia punya tenaga 140 dk pada 5.300 rpm dan torsi 250 Nm pada 2.000-3.600 rpm. Sementara pada data yang diungkap di GIIAS 2018, ada perbedaan di mana tenaga 147 dk dan torsi 230 Nm.
Pakai CVT
Tak menghadirkan produk abal-abal, Wuling Amaz mau bersaing serius di segmen SUV medium, yang dihuni banyak pesaing-pesaing unggulan.
Salah satu yang menarik adalah disematkannya transmisi otomatis kekinian CVT, yang bisa memanjakan pengemudinya, sehingga bisa berkendara dengan nyaman.
ADVERTISEMENT
Taufik S Arief, Aftersales Director Wuling Motors menanggapi soal CVT yang dipasangkan di Almaz. Dirinya mengungkapkan, pihaknya komitmen improve produk dari sisi kenyamanan, sesuai selera konsumen, begitu juga dari sisi teknologi.
SUV Wuling Almaz resmi mengaspal di Indonesia, tantang CR-V, Pajero Sport dan Fortuner. (Foto: Aditya Pratama Niagara / kumparanOTO)
“Karena itu mengapa kami akhirnya menyematkan transmisi CVT di Almaz. Karena, kami lihat konsumen yang kami sasar ini akan lebih match dengan SUV, Turbo, dan CVT,” kata Taufik, Rabu (23/1).
Seabrek Fitur
Wuling Almaz mengandalkan fitur yang seabrek sebagai jualannya. Bahkan, Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, berani kalau Almaz dikomparasi dengan produk lain di kelasnya.
“Tapi yang jelas kami punya produk sudah dilengkapi fitur yang menarik dan bisa dilihat dikomparasi (dengan) produk lain kelebihan dan kekurangannya seperti apa,” papar Dian.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah fitur-fiturnya: Kamera 360 Emergency Stop Signal (ESS) Panoramic sunroof Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) Anti-lock Braking System (ABS), dengan dukungan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) Hill Hold Control Traction Control System Automatic Vehicle Holding Electronic Stability Control Dual Front SRS Airbags serta Side Aribag ISOFIX Seatbelt Reminder Emergency Stop Signals Cruise Control Anti-theft Alarm Start Stop Button Keyless Entry Immobilizer.
Punya fitur kamera 360 (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Kandungan Lokal
Wuling Almaz diproduksi Greenland International Industrial Center (GIIC Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) atau konten lokalnya sendiri, baru sebesar 40 persen saja.
Namun, Dian menjanjikan kalau nilai kandungan lokalnya akan ditingkatkan terus. Sementara dua produk sebelumnya seperti Confero dan Cortez, sudah di 50 persen. Wuling Indonesia sendiri saat ini, belum menambahkan investasi baru,di mana gelontoran pertama nilainya mencapai Rp 9 triliun.
ADVERTISEMENT
5-Penumpang
Wuling Indonesia ternyata lebih memilih untuk memperkenalkan Almaz, dengan konfigurasi lima penumpang, bukan tujuh penumpang di mana cukup banyak peminatnya.
Strategi ini tentu saja bukan tanpa sebab. Mereka sengaja merilis produk yang tidak secara langsung berhadapan dengan produk-produk besutan Jepang. Dan bukan tidak mungkin, Almaz akan punya varian 7-penumpang.
Belum Ada Harga
Meski sudah diperkenalkan, Wuling masih enggan mengungkapkan soal harganya.
Namun, berdasarkan hitung-hitungan dari data Pajak dan Retribusi Daerah, pada informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), dengan penambahan beberapa instrumen perpajakan dan biaya administrasi, harganya bisa ada di kisaran Rp 275 jutaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·